Saturday, May 19, 2018

Cara Screenshot Panjang di Semua Android


Salah satu fitur yag dibutuhkan dan digunakan oleh pengguna android atau smartphone pada saat ini adalah fitur screenshot. Fitur screenshoot ini memungkinkan kita untuk menyimpan file dalam bentuk foto, pesan ataupun laman web. Anda tidak perlu repot untuk mengunduhnya jika sudah menggunakan fitur screenshot ini.


Namun sayangnya, fitur screenshot yang ada untuk saat ini hanya mampu untuk menangkap dan mengambil sebagian konten yang hanya terlihat pada layar saja. Aplikasi screenshot yang ada tidak bisa mengambil satu screenshot file yang panjang karena memerlukan scrolling terlebih dahulu atau anda harus menggesernya ke bawah untuk melakukan screenshot. Hasil screenshot dengan cara screenshot ini juga tidak efektif karena terpisah menjadi beberapa file.

Aplikasi Screenshot Panjang yang Bisa Digunakan di Semua Android

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberika solusi berupa tips atau cara screenshot panjang di semua android. Dengan menggunkan cara screenshot panjang di semua jenis android anda tidak perlu repot untuk men-screenshot konten yang panjang misalnya satu laman web. Anda tidak perlu melakukan screenshot berkali-kali karena cukup dengan sekali screenshot anda sudah bisa menangkap seluruh konten yang panjang tersebut.

Baca Juga:
  1. Cara Screenshot di Android Tanpa Perlu Menekan Tombol
  2. 5 Aplikasi Pengubah Suara untuk Android Terbaik 2018

Untuk bisa melakukan dan membuat screenshot panjang di android, anda bisa menggunakan cara screenshot panjang di android dengan menggunakan beberapa aplikasi yang dapat anda download secara gratis di google play store.

1. Cara screenshot panjang di Android dengan Longshot


Aplikasi longshot ini dapat anda gunakan untuk melakukan screenshot panjang. Aplikasi ini memang secara khusus dibuat untuk screenshot panjang. Cara screenshot panjang di android dengan menggunakan Longshot juga tergolong sangat mudah dan simpel.

Caranya :
  • Download aplikasi Longshot di Goggle Play Store

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload aplikasi longshot di google play store. Anda bisa langsung mendownloadnya sekarang juga secara gratis karena aplikasi ini tergolong sebagai free aplikasi.
  • Instal Aplikasi

Setelah anda mendownloadnya selanjutnya anda bisa menginstal aplikasi longshot di android anda. Biasanya aplikasi akan terinstal secara otomatis jika anda mendownloadnya langsung dari google play strore yang ada di android anda.
  • Buka Aplikasi Longshot

Setelah terinstal, anda bisa membuka aplikasi longshot dengan cara memilih capture optin lalu buka dan ambil konten yang ingin anda screenshot yang ada di tampilan layar android anda dan pindahkan perlahan ke aplikasi longshot. Dengan begitu aplikasi longshot akan secara otomatis menangkap layar dengan cara screenshot panjang di Android anda.

Beberapa fitur yang tersedia di Longshot

  • Terdapat beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi longshot, antara lain:
  • Menggabungkan beberapa screenshot menjadi satu kesatuan yang memanjang,
  • Mengambil screenshot laman web yang panjang hanya dengan 2 kali klik saja,
  • Auto capture screenshot saat kita melakukan scrolling atau saat kita menggeser layar android,
  • Selain itu juga tidak adanya watermark pada hasil screenshot yang anda lakukan, sehingga hal ini tidak akan mengganggu.

2. Cara Screenshot Panjang dengan Scrool Capture for Web pada Halaman Web


Cara screenshot panjang di android juga bisa anda lakukan dengan menggunakan aplikasi scroll capture for web. Untuk mendapatkan hasil screenshot panjang dapat berbeda-beda antara cara screenshot panjang pada halaman web dengan cara screenshot panjang pada instant messenger. Informasi selengkapanya ada dibawah ini, yuk simak.

Jika anda berencana untuk mengambil atau menangkap gambar pada halaman web ataupun blog, anda bisa menggunakan aplikasi scrool capture for web. Sebenarnya aplikasi scrool capture for web ini merupakan aplikasi sebuah browser, namun dalam aplikasinya mempunya fitur untuk bisa melakukan scrool atau long screenshot yang bisa menangkap bacaan pada web secara lengkap dan memanjang. Berikut cara screenshot panjang di android dengan menggunakan aplikasi Scrool Capture for Web.

Caranya :
  • Download Aplikasinya
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mendownload atau mengunduh aplikasi scrool Capture Web di google play yang disediakan secara gratis.
  • Instal Aplikasi scrool capture for web

Setelah anda mendownloadnya anda bisa langsung menginstalnya di perangkat anda, lalu jalankan aplikasi scrool capture for web untuk mengetahui cara screenshot panjang di android.
  • Masukkan Alamat Web ke Dalam Aplikasi
Caranya adalah masukkan alamat web yang ingin anda capture di aplikasi ini, kemudian klik icon diafragma di bagian bawah aplikasi, maka secara otomatis aplikasi scrool capture web ini akan menangkap layar secara long screenshot.
  • Lakukan Screenshot

Jika screenshot panjang berjalan biasanya akan ditandai dengan adanya animasi kuas cat yang bergerak yang menandakan proses screenshot sedang berjalan. Setelah selesai, anda bisa mengklik view untuk masuk ke gallery dan anda akan temukan hasilnya.

3. Cara Screnshot Panjang di Android dengan Stitch & Share

Jika anda sedang mencari cara screenshot panjang di android, aplikasi Stitch & share juga dapat anda gunakan. Cara kerja dari apikasi Stitch & Share ini sedikit lebih ribet jika dibandingkan dengan fitur bawaan dari Xiaomi MiUI 8 yang sudah menyediakan fitur screenshot panjang di android. Anda harus mengambil beberapa screenshot tampilan layar terlebih dahulu kemudian digabungkan dengan menggunakan aplikasi ini. Jadi aplikasi ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk menggabungkan hasil screenshot yang awalnya terpisah-pisah.

Cara menyusun dalam penggabungan dengan menggunakan aplikasi ini juga sedikit rumit. Jadi, misalnya anda mau mengambil screenshot panjang dari percakapan whatsapp. Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa pesan terakhir dari screenshot yang pertama menjadi bagian awal dari screenshot bagian kedua yang anda lakukan.

Adapun cara menggunakan aplikasi Stitch & share untuk menggabungkan hasil dari screenshot anda adalah sebagai berikut:
  • Download aplikasi Stitch & Share yang disediakan secara gratis oleh Google Play Store. Lalu, instal aplikasinya agar bisa dijalankan di android anda.
  • Jika sudah selesai di instal, buka aplikasi Stitch & Share lalu pilih menu combine screenshots
  • Pilih satu gambar hasil screenshot-an yang sudah anda tangkap sebelumnya untuk dijadikan bagian pertama
  • Untuk menambahkan gambar silahkan  klik tanda  plus atau + yang terletak di bagian atas layar Stitch, dengan begini secara otomatis menghubungkan gambar tanpa overlap sehingga akan terlihat rapi dan sempurna.
  • Sambungan dari hasil bagian screenshot pertama dan bagian screenshot kedua ditandai dengan adanya icon gunting.
  • Anda bisa melakukan penyesuaian sendiri atau adjustment jika sambungan dari hasil screenshot tidak pas atau tidak sesuasi dengan keinginan anda. caranya klik icon gunting kemudian geser gambar screenshot kedua hingga dirasa pas dan nyambung dengan hasil screenshot petama.
  • Klik save jika sudah selesai dan hasil long atau scroll screenshot dengan menggunakan Stitch & Share sudah selesai.

Itulah beberapa cara screenshot panjang di android yang dapat kami sampaikan. Sekedar informasi saja pengambilan long/scroll screenshot juga bisa anda lakukan dengan Cara Screenshoot Panjang Xiaomi tanpa harus menggunakan aplikasi. Karena verndor dari HP android Xiaomi MiUI sudah menyediakan aplikasi ini sebagai aplikasi bawaan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Sumber https://www.grafis-media.website/

No comments:

Post a Comment