Thursday, May 24, 2018

Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan pada Anak

Cara Mencegah dan Menyembuhkan Cacingan pada Anak_Menjaga kesehatan anak memang susah dilakukan terlebih jika anak Anda memiliki karakter yang aktif. Mereka yang terbiasa bermain di sembarang tempat tanpa mau mengindahkan bersih tidaknya tempat bermain. Dan jika demikian, salah satu jenis penyakit yang siap mengintai anak adalah cacingan. Lantas bagaimana cara mencegah dan mengobati cacingan yag sering dialami oleh anak? berikut ini solusinya.

A. Cara mencegah cacingan pada pada anak
Ada banyak cara mencegah cacingan pada anak seperti yang tertera berikut ini:
1. Menjaga kebersihan tubuh dengan baik

2. Hindari buang air besar disembarang tempat

3. Gunting kuku dengan bersih sebelum digunakan makan

4. Cuci dan masak sayuran hingga bersih dan matang

5. Masak daging serta ikan hingga matang

6. Hindarkan makana dari kontaminasi dan simpan di tempat yang bersih

7. Biasakan anak supaya menggunakana lasa kaki ketika keluar rumah

8. Setelah bepergian atau bermain, biasakan anak untuk selalu mencuci tangan dan kakinya

Cara mencegah cacingan di atas bisa dilakukan untuk menjauhkan anak dari bahaya cacingan. Selain itu, Anda juga bisa memproteksi kesehatan anak dengan mengonsumsi obat cacing atau bisa pula berkunjung ke dokter.
Cara Mencegah dan Menyembuhkan Cacingan pada Anak Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan pada Anak
 Cara Mencegah dan Menyembuhkan Cacingan pada Anak

B. Cara mengobati cacingan pada anak dengan cara alami/tradisional
Untuk seorang anak yang terkena cacingan, Ibu bisa melakukan upaya pengobatan dengan memanfaatkan berbagai bahan- bahan alami berikut ini.

1. Menggunakan wortel
Wortel merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang bisa digunakan untuk mengobati cacingan. Cara menggunakan wortel dalam mengatasi cacingan, bisa dilakukan dengan cara menggunakan air perasan wortel yang kemudian dicampur dengan air santan sebanyak 1 cangkir.

Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan sedikit garam lalu aduk hingga rata lalu minumkan pada anak yang tengah menderita cacingan.

2. Kelapa
Cara mengobati cacingan, bisa pula dilakukan dengan menggunakan kelapa. Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan ¼ kelapa serta 1 buah wortel yang telah dibersihkan.

Setelah bahan- bahan yang telah disiapkan diparut, ibu bisa mencampurnya menggunakan segelas air yang telah matang. Peras lalu gunakan air perasannya untuk diminumkan pada anak sebelum tidur

3. Kulit mangga
Buah mangga ternyata bukan hanay enak dikonsumsi daging buahnya, melainkan juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengobatan terutama pada bagian kulitnya. Kandungan kulit mangga yang berupa daya altemintik akan membantu mencegah terjadinya penyakit cacing serta membunuh kuman- kuman yang terdapat dalam perut sang anak.

4. Biji pepaya
Bagi Anda yang gemar mengonsumsi pepaya, sebaiknya tidak membuang bijinya. Biji buah pepaya ternyata bisa digunakan untuk mengobati cacingan yang dialami oleh anak. Bahan yang perlu disiapkan adalah 2 sendok makan biji pepaya serta madu.

Langkah pembuatan ramuan dengan biji pepaya ini adalah dengan mengeringkan biji pepaya terlebih dahulu lalu tumbuk hingga bijinya halus. Campurkan dengan segelas air, aduk secara merata lalu minumkan pada anak 2 kali dalam sehari.

5. Bawang putih
Bawang putih merupakan jenis bumbu dapur yang tidak pernah ketinggalan untuk digunakan sebagai bahan memasak. Bukan hanya itu, namun bawang putih juga berguna untuk mengobati beragam jenis penyakit mengingat kandungannya yang sehat. Salah satu penyakit yang bisa disembuhkan dengan bawang putih adalah cacingan.

Cara menggunakan bawang putih dalam mengatasi cacingan bisa dilakukan dengan cukup mudah yaitu dengan memotong bawang putih lalu rebus menggunakan air hingga mendidih. Minumkan air rebusan bawang putih pada anak 2 kali dalam sehari selagi masih dalam keadaan hangat.

Cacingan merupakan salah satu jenis penyakit yang harus segera diobati supaya tidak terlalu lama menganggu tumbuh kembang anak. Semoga putra/putri Anda terhindar dari penyakit cacingan.
Sumber https://www.websitependidikan.com/

No comments:

Post a Comment