Sunday, October 8, 2017

Cara Membuat Background Video Transparan di After Effects

Cara membuat video transparan di After Effects - Bagi yang sering mengedit video, pasti tidak asing dengan software bernama Adobe After Effects, salah satu sotware yang dikembangkan oleh Perusahaan Adobe ini menjadi salah satu software yang bisa dikatakan terbaik. Bagaimana tidak, banyak efek video yang sangat menakjubkan dibuat dengan software After Effects ini, seperti membuat efek seperti di film, efek animasi, hingga efek intro yang sering dijumpai di video Youtube banyak dibuat menggunakan software Adoba After Effcts ini.

Adobe After Effects juga bisa digunakan selain memberi effect pada video, contohnya  seperti menggabungkan dan memotong video yang bisa dilakukan dengan mudah. Berbicara mengenai penggabungan video, pastinya Anda pernah melihat sebuah video dengan penggabungan beberapa effects yang sangat menakjubkan. Biasanya salah satu dari video yang digabungkan tersebut adalah video transparan. Lalu apa itu video transparan? Video transparant adalah sebuah video dengan format tertentu yang tidak memiliki background, jadi bila digabungkan hanya bagian tertentu saja yang bergabung.

Biasanya video transparan banyak digunakan dalam sebuah video yang memuat logo atau animasi, jadi bila digabungkan dengan video lain hanya logo atau animasi tersebut yang menempel. Kalau diibaratkan video transparant ini sama halnya dengan gambar transparant yang biasanya berbackground kotak-kota (transparan). Nah, dengan software Adobe After Effects teryata kita juga bisa membuat video transparan loh! karena memang Adobe After Effect sudah menyediakan fiturnya. Untuk cara membuat video transparan di Adobe After Effects bisa dilihat dibawah ini.

Cara Membuat Video Transparan di Adobe After Effects


1. Pertama, anggap saja disini Anda sudah berhasil membuat projek video. Kemudian hilangkan background gambar jika Anda menggunakannya, dengan menghilangkan tanda mata.

2. Jika projek video sudah berbackground hitam atau background warna tertentu, tinggal klik fitur "Toggle Transparency Grid" dibawah video. Maka otomatis background video akan berubah menjadi kota-kota yang berarti sudah transparant.


3. Selanjutnya tinggal Render projek video (Ctrl+M), kemudian klik pada "lossless" dibagian output module untuk mengatur format video.


4. Disini kita akan menggunakan format AVI, yang dimana format ini mampu mengkompress video sepenuhnya hingga ke bagian terkecil, jadi jangan heran jika nantinya ukuran video cukup besar. Jika sudah memilih format AVI lalu ganti bagian channel dengan "RGB + Alpha".


5. Terakhir tinggal klik OK, dan Render. Baca: Cara render Adobe After Effects yang benar

Nah dengan begitu, video yang sudah jadi bisa langsung  digabungkan dengan video lainnya tanpa harus takut background terbawa. Demikian artikel mengenai tips After Effects dan semoga bermanfaat.


Sumber https://www.blogespada.net/

No comments:

Post a Comment