Tuesday, September 12, 2017

Cara Daftar Online Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud (IMAMU), Riyadh, KSA

بسم الله الرحمن الرحيم
الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم على نبينا محمد وعلى اله وصحبه أجمعين

Alhamdulillaah.. Di hari admin harus meninggalkan kota kelahiran, tanah air, nusanatra ini Allah Subhaanahu wa Ta'ala masih memberikan panggilan hati agar menyempatkan pembuatan tutorial yang mungkin banyak dibutuhkan teman-teman followers/likers web SantriNabawi dot Com.

Meski di saat repot seperti ini, mengingat orang-orang sholeh dan sholehah yang banyak bersyukur kepada Allah dan mendoakan kebaikan bagi admin, rasanya sangat perlu berjuang menyelesikan tutorial ini untuk mereka. Walaupun yang kurang bersyukur dan baru muncul untuk mengkritik saja juga menikmatinya.

Isi tutorial ini memang masih banyak kekurangan. Namun orang yang berjiwa bersih akan paham bahwa proses pendaftaran yang akan dijelaskan ini panjang dan agak ribet, belum lagi menscreenshot 39 gambar, memberi terjemah, dan panah petunjuk. Maka, saya berdoa semoga Allah Subhaanahu wa Ta'ala memudahkan orang-orang yang bisa bersyukur. Aamiin..

Dokumen syaratnya apa? Deadlinenya kapan? Baca dulu Beasiswa Al-Imam Mohammad Ibn Saud Islamic University (IMAMU), KSA 2017

Kita mulai saja cara pendaftaran onlinenya:

1. Akses web https://menha.imamu.edu.sa/#/login akan tampil seperti gambar di bawah ini. Klik sesuai panah!

2. Pilih minhah khorijiyyah! Program beasiswa untuk mahasiswa Asing yang tersedia hanya Ma'had Lughoh (Pra-S1) atau S1 saja. Isi nama Anda per kolom 1 kata. Jika nama cuma tiga kata baru ditambah nama Ayah. Admin belum sempat coba, atau kosongi saja salah satu kolom, sehingga tidak perlu nama Ayah.

3. Kode negara Indonesia 0062

4. Login email dan copy kode verifikasinya

5. Paste kode verifikasi dari email tadi.

6. Pembuatan akun di website IMAMU sukses. Baru buat akun lho, belum selesai daftar program beasiswanya.

7. 

8. Klik sesuai panah

9. Baca persyaratan lalu centang dan klik tombol hijau.

10. Sama seperti sebelumnya.

11. Masih sama seperti sebelumnya.

12. Pilih fakultas yang Anda inginkan.

13. Upload kartu identitas diri (KTP) harus pdf

14. Jelas ini

15. Ini juga jelas

16. Masih jelas

17. Upload paspor wajib pdf

18. Informasi tempat dan tanggal lahir

19. Informasi agama

20. Nomor kontak

21. Jelas tulis huruf latin.

22. Sama saja, tulis huruf latin.

23. Mungkin akan diminta tes/wawancara online. Mungkin loh, bisa saja nggak.

24. admin tidak paham bagian ini, entah maksudnya siapa yang mengenalkan info beasiswa atau cukup siapa yang Anda kenal. Yang membuat ribet nomor hp nya kode negara Arab Saudi. Silakan kreasikan jawabanmu sendiri.

25. Sama seperti di atas, admin tidak paham bagian ini.

26. Sama seperti di atas, admin tidak paham bagian ini.

27. Pengalaman kerja

28. Keterampilan (skill) dan pengalaman. Ada pilihan olahraga, pidato, dll. Upload dokumen pendukung, misal sertifikat juara lomba.

29. Sertifikat atau Nilai yang dimaksud admin juga kurang paham. Akhirnya diisi sembarangan pakai angka seperti ini. Silakan kreasikan jawabanmu sendiri..

30. Informasi kesehatan Anda

31. Status sosial lajang atau sudah menikah

32. Upload ijazah SMA/sederajat dan transkrip nilainya wajib pdf

33. Upload yang ada dan lewati (kalau bisa) yang tidak ada wajib pdf

34. Informasi ijazah sekolah Anda

35. Taqdir ini nilai pendaftar atau akreditasi sekolah admin tidak paham. Nisbah ini juga admin tidak paham maksudnya apa.

36. Sampai di sini terlihat bagian 4 belum sempurna. Kalau mau lanjut nomor 6 saja silakan coba, kalau mau dilengkapi silakan.

37. Langkah bagian ke-6 tinggal klik tombol konfirmasi pengiriman pendaftaran

38. Pendaftaran program beasiswa selesai dengan sukses

39. Semua bagian sudah ceklis atau centang

Sekian Tutorial Cara Daftar Online Jaami'ah Imam Muhammad bin Suud Al-Islamiyyah (IMAMU), Riyadh, Kerajaan Saudi Arabia (KSA).

Pengumuman kapan? Allahu A'lam. Bisa 1-4 tahun kemudian. Hanya yang diterima yang akan dapat email isy'ar qobul dan calling visa. Yang tidak diterima di-php bertahun-tahun sampai sadar diri kalau tidak diterima.

Udah dulu, belum packing. Sore ini terbang dari Palngka Raya, Kalimantan Tengah menuju Jakarta-Doha-Istanbul-Madinah. Mohon do'a semoga Allah berkahi safar kami untuk kembali menuntut ilmu di kota Nabi, Madinah Al-Munawwarah.

Nggak usah tanya masalah tutorial ini, deadline mepet, nggak bakal sempat, admin in syaa Allah tiba di Madinah 15 September 2017. Silakan isi sebisanya sampai selesai. Itu lebih baik daripada nggak selesai sama sekali.

Copyright @ SantriNabawi.Com
Palangka Raya,
22 Dzulhijjah 1438 H /13 September 2017 M

Sumber http://www.santrinabawi.com/

No comments:

Post a Comment