Penerapan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar  menggunakan pendekatan tematik terpadu. Pada perkembangannya, untuk  kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan  Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik  Terpadu. Pemisahan tersebut dikarenakan perubahan muatan pelajaran  matematika serasa dangkal sehingga siswa tidak mendapatkan konsep  matematika secara mendalam dan PJOK memiliki karakteristik objek kajian  dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK  berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui observasi,  mencontoh/menirukan, melatihkan secara berulang
  
 
 Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK ini bertujuan untuk
 a. Membantu guru dalam mengatur alokasi waktu Matematika dan PJOK dalam pembelajaran agar sesuai dengan struktur kurikulum;
 b. Membantu guru dalam merancang pembelajaran Matematika dan PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar tetap bermakna;
 c. Membantu guru dalam proses pembelajaran Matematika dan PJOK yang  terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa, kontekstual, dan  bermakna.
 karena
 d. Membantu kepala sekolah, pengawas dan pihak  lain yang terkait dalam mendukung proses pembelajaran Matematika dan  PJOK yang terpisah dari Tematik Terpadu agar berpusat pada siswa,  kontekstual, dan bermakna.
 
 Buku Panduan ini disusun agar proses  pembelajaran di sekolah dasar dapat berjalan sesuai dengan harapan.  Oleh karena itu, sasaran pengguna buku ini adalah unsurunsur yang  terlibat pada proses pembelajaran di sekolah dasar. Sasarannya adalah
 a. Guru kelas yang mengampu pembelajaran di kelas tinggi (kelas IV, V, dan VI); b. Guru PJOK
 c. Kepala Sekolah Dasar;
 d. Pengawas Sekolah Dasar
 e. Dinas Pendidikan.
 
 DOWNLOAD Sumber https://www.apk13sd.xyz/

No comments:
Post a Comment