Thursday, September 14, 2017

CARA KIRIM CV / LAMARAN KERJA LEWAT EMAIL (BERKAS, DOKUMEN, FOTO, DLL)

Dizaman yang serba internet seperti sekarang ini, banyak sekali hal hal baru yang muncul seiring dengan perkembangan internet yang sudah menjadi trend atau gaya hidup bagi kebanyakan orang, mulai dari interaksi via internet, berbelanja online, kerja online, dan lain sebagainya termasuk melamar pekerjaan online lewat email.

Jika dulu kita melamar pekerjaan ke perusahaan yang ingin dituju dengan membawa berkas atau lamaran kerja, sekarang ini sudah cukup banyak perusahaan yang merekrut karyawan secara online, misalnya iklan lowongan kerja yang dimuat di website lowongan kerja, hingga proses mengirim surat lamaran kerja / CV melalui surat elektronik / surel alias Email.


Jika anda belum pernah kirim lamaran kerja via Email sebelumnya, dan perusahaan yang anda tuju mewajibkan anda untuk kirim CV lewat email, maka kali ini blog berbagiinfor4u akan memberikan gambaran besar langkah langkah kirim lamaran kerja lewat email.


1. MENULIS SURAT LAMARAN

Langkah pertama adalah menulis surat lamaran kerja, lebih baik diketik dan bukan tulisan tangan. Anda bisa menggunakan Microsoft Word untuk mengetik surat lamaran, daftar riwayat hidup dan dokumen pendukung lainnya. Setelah diketik anda bisa menyimpannya dalam bentuk dokumen Word.

2. SCAN DOKUMEN DAN FOTO

Selanjutnya adalah Scan, Scan bisa diartikan pemindaian dengan teknologi komputer (scanner). Beberapa dokumen yang biasa di scan untuk lamaran kerja antara lain KTP / SIM, Ijazah terakhir, SKCK, surat keterangan sehat, NPWP dll. Scan lah semua dokumen yang disyaratkan oleh penyedia lowongan kerja. Jangan lupa pas foto dalam bentuk digital. Jika anda tak punya scanner, bisa menggunakan jasa scan yang biasanya ada pada toko toko fotokopi atau digital printing.

3. KIRIM DOKUMEN LEWAT EMAIL

Apabila semua dokumen sudah lengkap dan tersimpan dalam satu folder "lamaran kerja" di hardisk komputer atau flashdisk maka selanjutnya adalah kirim dokumen lewat email. Sebelumnya agar folder lamaran kerja bisa dikirim sekaligus, maka folder bisa diubah menjadi RAR.

Langkah terakhir adalah mengirim file ke alamat email perusahaan yang membuka lowongan kerja. Silahkah log in dulu ke akun email anda, jika belum punya akun email, anda bisa lihat cara buat email di Gmail gratis. Langkah langkah kirim berkas / dokumen di Gmail adalah sebagai berikut :
  • Masuk ke akun Gmail
  • Klik menu Tulis, selanjutnya akan muncul kotak Pesan Baru
  • Dibagian "Kepada" isilah dengan alamat email perusahaan yang ingin anda lamar.
  • Pada bagian subjek bisa ditulis "Lamaran Kerja"
  • Selanjutnya klik menu "Lampirkan File" (ikon paperclip), lalu pilih dokumen "Lamaran kerja" anda yang ada di Harddisk komputer atau flashdisk, kemudian klik Open.
  • Terakhir klik tombol Kirim.

Nah begitulah cara mudah kirim surat lamaran kerja / CV lewat email. Bagi anda yang masih menganggur dan ingin segera mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan ijazah dan keahlian, bisa melihat artikel berikut ini : Daftar situs lowongan kerja terupdate.
Sumber http://www.berbagiinfo4u.com/

No comments:

Post a Comment