Biasanya data yang Invalid itu di karenakan singkron dari akun dapodik yang sudah melebihi batas waktu CutOf. Jadi pastikan jika Anda melakukan singkron data jangan sampai di minggu akhir dari batas waktu cutof, Kenapa? karena jika terjadi kesalahan pada data, Anda bisa membetulkan kembali data dari dapodik dan masih bisa singkron kembali. Jika Anda melakukan singkron sebelum batas waktu cutof tetapi masih menemui data siswa yang invalid ada beberapa kesalahan yang harus diperbaiki kembali. diantaranya;
- NISN siswa
- Prasarana terutama rombel
- Wali kelas
- Jumlah siswa dengan jumlah guru
Jika Anda merasa bahwa beberapa data tersebut diatas sudah valid sebelumnya semua itu belum tentu valid jika di monitor dari aplikasi yang berbeda. Seperti pada kasus yang saya alami adalah berbeda, data yang saya imput dalam akun dapodik tidak menunjukkan error artinya ketika data yang mau saya singkron semua sudah fix. Pada akun verval PD tidak ada data yang invalid sama sekali. tetapi anehnya ketika pencarian dana BOS ada beberapa siswa yang tidak bisa menerima bansos tersebut di karenakan datanya masih invalid. Lantas bagaimana saya bisa melihat longlist data siswa yang invalid tersebut?
Berikut cara melihat data siswa yang tidak bisa menerima BOS dan cara memperbaiknya kembali.
Anda harus mengunjungi web portal BanSos http://bansos.dikmen.kemdikbud.go.id/ ⇒ Login dengan akun masing-masing operator (Login dengan akun SDM/ login dengan akun Operator) ⇒ Pada dasbor bansos scroll kebawah Anda akan melihat rekapitulasi data siswa tersebut. Lihat gambar dibawahLihat perubahan di akun dapodik jika sudah berubah singkron kembali. Semoga membantu.
Jika ada pertanyaan silahkan komen OK. Sumber https://ibadjournals.blogspot.com/
No comments:
Post a Comment