Friday, January 26, 2018

Apa Saja Yang Yang Perlu Disiapkan Untuk Menyambut Rilis Dapodik 2018B

Intipendidikan.com - Yang perlu dipersiapkan Operator dalam menyambut Dapodik 2018 semester Genap:



1. SK Pembagian Tugas PTK. Di Dalam SK Pembagian Tugas ini biasanya memuat pembagian jumlah jam mengajar PTK, tugas tambahan PTK (misalnya Wakil Kepala Sekolah, Kepala Program Keahlian dan tugas tambahan lain), dan pengaturan jadwal mengajar PTK... Untuk SK Pembagian Tugas PTK ini biasanya dibuat oleh bagian Kurikulum di sekolah, jadi Operator cukup mempersiapkan SK Pembagian Tugas ini untuk di input di Aplikasi Dapodik semester Genap nanti...

2. Data Nilai Raport siswa. Pengentrian nilai Rapor siswa di Aplikasi Dapodik sesuai instruksi, dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran atau Wali Kelas. Lebih baik lagi jika di sekolah tersebut telah menggunakan aplikasi raport digital, karena dalam aplikasi raport Digital, biasanya disediakan menu pengiriman nilai raport ke Aplikasi Dapodik,  Hal ini tentu mempermudah tugas operator.

3. Update Data Siswa. Biasanya dalam 1 semester berjalan, ada "seleksi alami" terhadap siswa, Biasanya ada siswa yang mutasi/pindah sekolah atau berhenti sekolah.  Pengupdaten data siswa perlu dilakukan, karena penentuan dana BOS yang diterima sekolah dilihat dari jumalh siswa yang ada di sekolah.

4. Kartu KIP siswa. Ini diperlukan untuk pengajuan beasiswa PIP.

5. Photocopy/scan Ijazah dan SHUN SMP bagi kelas siswa kelas X. Hal ini dilakukan agar data siswa khususnya pengentrian Nomor Seri Ijazah dan SHUN SMP bisa dilakukan. Dan ini juga persipapan, jika ada data biodata siswa keliru dientri di Aplikasi Dapodik maka untuk pengeditannya di VervalPD biasanya membutuhkan scan Photocopy Ijazah siswa.

6. Untuk SMK yang siswanya melaksanakan PRAKERIN, jangan lupa entri Relasi DU/DI, guru pembimbing Prakerin, serta siswa bimbingannya di Aplikasi Dapodik. Untuk relasi DU/DI dalam pengisiannya membutuhkan semacam bukti kerjasama (MoU).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai apasaja yang perlu dipersiapkan untuk mengupdate data Dapodik 2018b yang akan segera Dirilis.

Semoga bermanfaat, Jabat Erat Intipendidikan.com

Sumber https://www.intipendidikan.com/

No comments:

Post a Comment