Mata pelajaran tematik k13 revisi pada kelas 1 ini memang sedari awal tak banyak mengalami perubahan namun, dari hasil tersebut ada beberapa perubahan pada tema dan kompetensi dasar yang di benahi.
Contoh RPP Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR & INDIKATORBahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
3.1 Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
Indikator ;
Menjawab pertanyaan berdasarkan teks deskriptif yang dibaca tentang ciri-ciri benda hidup
Membandingkan ciri benda hidup dan benda tak hidup berdasarkan teks yang dibaca
Membaca teks tentang ciri-ciri benda hidup
Membuat pertanyaan tentang ciri-ciri benda hidup sesuai teks yang dibaca.
Menulis teks deskriptif tentang ciri-ciri benda menggunakan huruf tegak bersambung
Deskripsi Kegiatan
Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitar”.
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
Langkah-langkah kegiatan bagian satu:
Guru mengingatkan kembali kegiatan pada pertemuan pertama, pada saat siswa sudah mengelompokkan gambar benda hidup
Baca juga
RPP Kelas 4 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi
Download RPP Kelas 1 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi Tahun 2017
Siswa mengamati gambar apa saja yang ada pada kotak benda hidup. (Mengamati)
Siswa menyimpulkan bahwa benda hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
Siswa menjawab pertanyaan guru, apa saja persamaan dari ketiga benda tersebut. (Menanya)
Jawaban diarahkan untuk menemukan ciri-ciri benda hidup dan menunjukkan perbedaannya dengan benda tak hidup.
Siswa membaca wacana yang ada di buku siswa. (Mengamati)
Wacana berisi satu tokoh yang sedang bermain boneka dan tokoh lainnya sedang bermain bersama hewan peliharaannya.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan perlakuan yang diberikan tokoh pada benda kesayangannya.
- Boneka tidak perlu diberi makan, perlu dibersihkan agar tidak berdebu, bisa dimainkan tapi tidak bisa menanggapi. Bisakah boneka diajak bicara? Mengapa?
- Hewan peliharaan perlu diberi makan, dibersihkan tubuh dan kandangnya, bisa diajak bermain, dan dapat menanggapinya.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai perbedaan benda hidup dan benda tak hidup. Benda hidup perlu makan dan minum serta udara, dapat bergerak sendiri, tumbuh besar, berkembang biak, dan mati. Sementara benda tak hidup tidak perlu makanan, minuman, serta udara, tidak dapat bergerak sendiri, tidak dapat tumbuh besar, dan tidak dapat berkembang biak.
Siswa mengamati dua buah benda, yaitu kursi dan kucing.
Siswa berdiskusi tentang persamaan dan perbedaan dari kedua benda tersebut. Biarkan siswa menyampaikan pengamatannya dengan cara pandangnya sendiri, menunjukkan ciri-ciri benda hidup. (Mengekplorasi)
Siswa berlatih menulis kesimpulan dari kegiatan membandingkan benda menggunakan huruf tegak bersambung. (Mengkomunikasikan)
RPP Kelas 1 SD Semester 2 K13 Revisi 2017
- Tema 5 Pengalamanku
- Tema 6 Lingkungan Bersih Sehat dan Asri
- Tema 7 Benda dan hewan di sekitarku
- Tema 8 Peristiwa Alam
Demikian RPP K13 Revisi dalam RPP Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Sumber https://www.datasekolah.co.id/
No comments:
Post a Comment