Saturday, March 24, 2018

Cara Menghubungkan HP Android ke TV dengan Mudah dan Praktis

Pada saat ini hampir semua kegiatan dilakukan di perangkat smartphone android. Karena hal ini dirasa dapat memudahkan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh semua pengguna android. Namun terkadang pengguna android merasa kurang puas karena besarnya layar smartphone android yang digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan. 

Hal inilah yang mendorong pengguna Android untuk bisa memudahkan berbagai kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan android ke layar yang lebih besar, seperti proyektor, televisi dan perangkat lainnya yang sejenis. 
 Pada saat ini hampir semua kegiatan dilakukan di perangkat smartphone android Cara Menghubungkan HP Android ke TV dengan Mudah dan Praktis
Hingga saat ini banyak pengguna android yang sudah banyak mencoba untuk menghubungkan perangkat android ke layar LCD yang lebih besar, hal ini karena dengan menggunakan layar yang lebih besar dirasa lebih memudahkan kegiatan yang dilakukan oleh para pengguna HP android yang sebagian besar aktifitasnya memang dilakukan melalui HP Android.

Selain itu, dengan menggunakan layar yang lebih besar kita dapat menikmati konten yang ada dalam HP android secara bersama-sama dengan orang lain, hal ini akan lebih praktis misalnya pada saat anda akan melakukan presentasi yang mengharuskan semua orang untuk melihat slide powerpoint yang anda buat di HP android.

Apalagi pada saat ini didukung dengan perkembangan teknologi dengan adanya televisi yang cukup modern dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup canggih. Untuk televisi dengan model LCD anda tidak perlu khawatir karena televisi dengan model LCD terbaru sudah dapat dipastikan bisa dihubungkan dengan HP android anda dengan berbagai syarat yang harus anda penuhi mulai dari model HP android hingga model TV yang digunakan. 

Beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menghubungkan HP android ke TV adalah:

Mempelajari terlebih dahulu spesifikasi Android dan TV yang anda miliki dan sedang anda gunakan. Bagi anda yang ingin menyambungkan HP android ke TV tanpa menggunakan kabel periksalah apakah terdapat fitur Miracast baik di HP android ataupun di TV anda.

Jika anda ingin menyambungkan HP android ke TV dengan menggunakan kabel, periksalah apakah terdapat colokan atau port yang ada pada TV yang dapat digunakan untuk menyambungkan kabel tersebut baik pada HP android maupun TV yang akan anda gunakan. Selanjutnya pelajari tipe port apakah dapat digunakan sebagai media penyalur dari HP android ke Televisi atau tidak. Saran kami adalah jangan sampai salah dalam hal pengecekan dan pembelian kabel connector karena hal tersebut dapat merusak hardware pada HP android anda dan juga hardware TV.

Berikut akan dijelaskan mengenai cara menghubungkan HP android ke TV dengan mudah dan gampang:

Menghubungkan HP android ke layar TV LCD dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara yakni dengan menggunakan kabel dan tanpa kabel.


1. Menghubungkan HP android ke layar TV LCD dengan menggunakan kabel

Untuk Menghubungkan HP android ke layar TV LCD dengan menggunakan kabel adalah cara termudah yakni dengan menggunakan kabel HDMI, untuk melakukan proses ini anda hanya perlu menggunakan konektor HDMI. Konektor HDMI ini biasanya terdapat pada perangkat android yang lagi populer di pasaran. Apabila perangkat android anda tidak dilengkapi dengan kabel HDMI anda juga dapat membeli kabel HML (Micro Highd-definiton Link) yang mempunyai dua lubang yaitu lubang HDMI dan Lubang micro biasa yang bisa digunakan di HP android atau smartphone lainnya. Cara menggunakan kabel tersebut juga tergolong sangat mudah, anda hanya cukup menghubungkan kabel tersebut ke perangkat TV LCD. Selanjutnya ubah tampilan layar anda menjadi landscape agar ukuran dan rasio pada TV LCD lebih pas.

Untuk lebih jelasnya anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan kabel HDMI atau HML yang sudah anda beli, pastikan kabel tersebut pas untuk TV dan HP android anda
  • Matikan TV terlebih dahulu sebelum menyambungkannya.
  • Lalu sambungkan HP android anda ke TV dengan menggunakan kabel HDMI atau HML yang sudah anda siapkan tadi
  • Setelah selesai menyambungkan, anda dapat menyalakan TV dan mengaktifkan pengatutran HDMI yang ada layar TV anda
  • Selesai, HP android kamu sudah dipastikan terhubung dengan layar televisi

2. Cara menghubungkan HP android ke layar TV LCD tanpa Kabel (Nirkabel)


Untuk anda yang tidak ingin menggunakan kabel sebagai konektor anda harus terhubung atau memiliki koneksi ke jaringan yang dapat diambil dari WiFi lokal untuk menghubungkan HP android anda dengan TV LCD yang diinginkan. Namun apabila anda tidak memiliki smartTV anda perlu menggunakan perangkat tambahan agar HP android anda dapat terhubung dengan TV. Anda dapat menghubungkan HP android ke layar TV LCD anda dengan menggunakan beberapa fitur seperti fitur Miracast yang ada pada android, mendownload aplikasi CheapCast ataupun dengan menggunakan Chromecast. Caranya sebagai berikut.

·        Miracast

Dengan memanfaatkan fitur miracast yang ada pada android anda, anda dapat menghubungkan HP android ke Layar TV LCD tanpa menggunakan kabel, cara ini lebih praktis dan efisien. Namun, fitur miracast ini hanya dapat digunakan apabila kedua perangkat (HP android dan TV) sama-sama memiliki fitur Miracast, jika salah sau perangkat tidak memiliki fitur miracast maka anda harus menambahkan perangkat tambahan, seperti dongle miracast atau miracast Receiver. Caranya menguhubungkan miracast dari HP android ke TV juga cukup mudah karena anda hanya perlu mengaktifkan miracast dengan membuka setting lalu pilih display, selanjutnya akan muncul pilihan miracast.

·        Aplikasi CheapCast dan Chromecast

Dengan menggunakan aplikasi CheapCast anda dapat menghubungkan HP android ke layar TV anda. Namun cara ini tidak sepenuhnya tanpa menggunakan kabel anda memerlukan fitur HDMI untuk dijadikan host ke TV. 

Cara ini cukup rumit untuk dilakukan. Caranya adalah pertama hal yang harus anda lakukan adalah menyiapkan 2 HP android, HP android yang satu berfungsi sebagai host dan yang lainnya berfungsi sebagai remot. Selanjutnya aktifkan Chromecast yang merupakan fitur yang biasanya ada pada TV LCD anda kemudian pasang pada port HDMI yang ada pada TV anda. sebelumnya anda harus mendownload aplikasi Chromecast dari google playstore dengan menghubungkan android anda dengan WiFi lokal yang berada di sekitar anda. 

Setelah selesai mendownload, buka aplikasi Chromecast  Android, kemudian sinkronisasikan dengan Chromecast yang ada di TV anda. Selesai, sekarang anda dapat menikmati dan mengerjakan aktifitas yang ada di HP android dengan menggunakan Layar TV anda yang ukurannya lebih besar. Cara ini merupakan cara yang mudah karena anda hanya perlu memasukkan dongle ke TV dan memasang kabel daya, lalu unduh dan luncurkan aplikasi beranda google. 

Aplikasi ini secara otomatis kana mendeteksi chromecast dan membuat sambungan untuk membantu menyiapkannya. Aplikasi Chromecast google ini merupakan pilihan sempurna untuk siapa saja yang ingin mengendalikan HP android ataupun tablet yang anda gunakan saat dihubungkan dengan TV. Fitur yang ada pada Chromecast google ini juga sangat bagus karena sangat kompatible dengan perangkat android dan iOS.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lalukan untuk menyambungkan atau menghubungkan HP android anda ke Layar TV dengan mudah dan praktis. semoga bermanfaat.

Sumber https://www.grafis-media.website/

No comments:

Post a Comment