Sunday, March 25, 2018

20 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop Yang Harus Kamu Tahu

Assalamualaikum. Sejak bertahun-tahun yang lalu, Adobe Photoshop merupakan satu-satunya aplikasi pengedit foto yang tersedia. untuk saat ini, ada beberapa alternatif selain aplikasi photoshop. tapi apakah sobat bisa mengambil keputusan, aplikasi edit foto mana yang akan digunakan ? maka dari itu, ketahui dulu Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop. baru bisa mengambil kesimpulan.

Sebagai pengguna Photoshop, kali ini saya mau memberikan pendapat saya tentang kelebihan dan kekurangan photoshop dari semua aspek. baik itu pekerjaan, fitur, fungsi dsb. 
satunya aplikasi pengedit foto yang tersedia 20 Kelebihan dan Kekurangan Adobe Photoshop Yang Harus Kamu Tahu
Untuk yang masih pemula, silahkan belajar photoshop pada blog ini. sudah banyak tutorial yang tersedia.

Kelebihan Aplikasi Adobe Photoshop

1. Memiliki Fitur Yang Banyak. Kepopuleran adobe photoshop tidak datang dari bualan semata. melainkan, banyaknya fitur yang tersedia didalam aplikasi ini. mulai dari koreksi warna, efek foto, manipulasi, dll sudah tersedia didalamnya. jadi sekali pakai, pasti akan ketagihan. 

2. Selalu Upgrade Versi Photoshop Terbaru. Semakin hari maka semakin banyak perkembangan digital didunia ini. maka perusahaan pemilik adobe photoshop, yakni Adobe. selalu memaksimalkan kinerja photoshop dengan memperbaharui ke versi selanjutnya. semakin tinggi versi photoshop, maka semakin banyak fitur didalamnya. selain itu mempermudah kita dalam mengolah gambar. semua itu datangnya dari kritik dan saran serta pengalaman para pengguna photoshop.

Sampai saat ini, keluaran terakhirnya adalah Adobe Photoshop CC (19.x) dan akan terus dikembangkan mengikuti zaman.

3. Memperkuat Keterampilan dan Imajinasi. Jangan heran yah sobat, kalau udah sering edit foto atau berkarya di photoshop, maka imajinasi dan keterampilan akan berkembang. karena dalam proses menghasilkan karya seni, otak selalu terpacu.

Apalagi bagi yang senang melukis. sekarang udah ada touch screen, jadi melukis bisa dimana saja menggunakan photoshop touch.

Sedangkan para fotografer dan artist photoshop lainnya, tidak bisa kehabisan ide. soalnya semua fitur dalam photoshop, jika di kombinasikan, akan menghasilkan sesuatu yang baru lagi.

4. Manipulasi Gambar,Foto,Dokumen. Dengan banyaknya fitur pada photoshop, jangan heran jika sobat bisa memindahkan foto lagi dirumah menjadi berada di luar angkasa. inilah kekuatan photoshop yang sesungguhnya. tapi ingat, butuh keseriusan jika ingin menguasai level ini. berikut beberapa contoh manipulasi yang bisa di lakukan:
  • Mengubah warna objek tertentu pada gambar
  • Membuat foto hitam putih
  • Mencerahkan dan menggelapkan gambar
  • Mengedit file pdf, eps dll.
Para menipulator ijazah, stempel dll. rata-rata memakai photoshop sebagai alat utamanya.

5. Koreksi gambar yang rusak serta bernoda. Pernahkah sobat melihat foto yang sudah kusam, kemudian di edit lagi menjadi seperti baru ? pasti iya. atau melihat foto artis dengan wajah bersih, padahal aslinya memiliki jerawat dll. semua hasil editing pakai aplikasi photoshop. 

Sudah banyak kasus koreksi gambar yang terselesaikan berkat adobe photoshop. itulah mengapa, pengguna photoshop sangat mendunia.

6. Membuat efek tulisan yang keren. Tulisan yang keren dan menarik banyak digunakan pada desain. misalkan logo, poster, baliho dll. dalam photoshop, text juga dapat di olah dan diberikan paduan efek. hingga hasilnyapun bervariasi, tergantung racikan kreatif kita.

7. Digunakan untuk membuat tampilan website. Dalam dunia pemograman internet, photoshop dipakai untuk membuat struktur tampilan suatu website atau blog. yang kemudian di konversi kedalam bentuk kode html.

8. Memiliki fitur "Action" yang otomatis. Untuk memudahkan pekerjaan, photoshop diberkali fitus Action. alat ini mampu bekerja sendiri dalam satu kali klik. misalkan membuat foto hitam putih yang aslinya memakan waktu 1 menit. dengan menggunakan action, bisa di optimasi menjadi 3 detik. cepatkan.

9. Mengurangi ukuran file (Mb - Kb). Ketika menyimpan file pada photoshop, kita akan di suguhkan 2 pilihan. save seperti biasa atau save to web. pilihan kedua ini, memiliki jendela pengaturan yang bisa membuat ukuran foto menjadi lebih kecil hingga belasan kilobytes.

10. Membuat desain High Quality. Kita bebas membuat ukuran desain yng di inginkan. terdapat satuan pixels, cm, mm, Inch dll. atur ukuran sebesar yang anda mau. namun spesifikasi pc/laptop juga harus tinggi, demi mendukung pekerjaan berat.

11. Bisa difungsikan untuk semua bidang pekerjaan. Karena fungsinya yang banyak berguna, maka photoshop bisa beradaptasi dalam beberapa prospek pekerjaan. lebih lengkapnya lihat "8 Profesi yang menggunakan adobe photoshop".

12. Membuat Objek 3D (versi photoshop cs6 ketas). Pada photoshop versi cs6 keatas, sudah diberikan fitur 3D. dimana kita bisa konversi gambar 2d ke bentuk 3d, atau menciptakannya dari dasar. mulai dari teks 3 dimensi hingga bentuk kubus,bulat dll.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan Adobe Photoshop, namun point diatas sudah cukup menjelaskannya.

Kekurangan Adobe Photoshop

1. Mudah namun bukan untuk pemula. Photoshop termasuk program yang mudah digunakan, namun bukanlah untuk yang sangat awam. karena orang awam pasti akan membutuhkan waktu lama untuk mempelajari menu dasarnya. apalagi jika ingin mahir, pasti harus kerja keras dalam belajar.

Aplikasi ini bukan seperti aplikasi yang langsung terdapat efek otomatisnya. melainkan harus melewati masa pengaturan terlebih dahulu. selain itu, fungsi layer juga akan menjadi faktor penguras otak bagi yang sangat pemula. 

2. Harga Photoshop Yang Mahal. Sebagai aplikasi berkualitas tinggi, photoshop bukanlah gratis dan bisa dipakai begitu saja. sobat harus memiliki kode lisensi yang dibeli langsung pada situs Adobe.com. jadi kalau hanya untuk sekedar bermain edit foto sederhana, pakai saja Alternatif photoshop yang gratis.

Mungkin di Indonesia sudah banyak beredak photoshop ba*j*kan.

3. Membuatuhkan spesifikasi komputer diatas rata-rata. karena akan memakan banyak ram dan procesor ketika photoshop bekerja. apalagi jika ingin mendapatkan desain yang kualitas tinggi. misalnya photoshop cc 2018, minimal RAM yang dibutuhkan adalah 4 Giga agar bekerja lebih maksimal.

4. Dapat digunakan untuk tindakan penipuan. Seperti kelebihannya, yaitu memanipulasi gambar. photoshop jika di salah gunakan, maka akan menjadi software mematikan. mengapa ? karena kita bisa membuat kebohongan lewat manipulasi gambar.

Misalnya membuat screenshoot chatting palsu antara A dan B, yang isinya adu domba. sehingga terjadilah kesalah pahaman berujung kebencian. ada juga yang menggunakannya untuk membuat ijazah palsu, yang berujung pada jeruji penjara. dan masih banyak lagi. jadi disarankan menggunakan Aplikasi adobe photoshop untuk hal posifit saja.

Nah seperti itulah kelebihan dan kekurangan adobe photoshop. intinya adalah bagaimana pengguna bisa menjadikannya sebagai alat positif bagi kehidupan sehari-hari. sebelum menutup, coba baca juga artikel lainnya:

Sekian dulu yah soba. semoga menambah wawasan kalian semua. lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. terima kasih sudah berkunjung - Assalamualaikum.

Sumber https://www.grafis-media.website/

No comments:

Post a Comment