A. MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA
1. Ciri makhluk hidup dan penggolongan hewan
Indikator:
- 1.1 ( Indikator 1 ) Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu. Lihat Contoh Soalnya
- 1.2 ( Indikator 2 ) Menjelaskan fungsi bentuk luar tubuh hewan yang merupakan ciri khusus dari hewan tersebut. Baca Contoh Soalnya
- 1.3 ( Indikator 3) Menentukan dasar pengelompokan hewan.
- 1.4 ( Indikator 4 ) Menggolongkan hewan berdasarkan jenis makanannya yang disajikan dalam gambar.
- 1.5 ( Indikator 5 ) Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan dengan jenis makanannya yang disajikan dalam tabel.
Indikator:
- 2.1 ( Indikator 6 ) Mengidentifikasi rantai makanan pada ekosistem tertentu.
- 2.2 ( Indikator 7 ) Menentukan organisme yang dapat menduduki bagian pada rantai makanan yang tidak lengkap.
- 2.3 ( Indikator 8 ) Menentukan peran organisme tertentu dalam suatu rantai makanan yang disajikan dalam gambar.
- 2.4 ( Indikator 9 ) Memprediksi perubahan yang terjadi pada ekosistem tertentu bila salah satu komponen dalam rantai makanan punah atau berkembang dengan pesat.
- 2.5 ( Indikator 10 ) Memberikan contoh hubungan yang erat antarmakhluk hidup (simbiosis).
- 2.6 ( Indikator 11 ) Menjelaskan alasan terjadinya hubungan antarmakhluk hidup pada suatu ekosistem berdasarkan ilustrasi contoh yang diberikan.
Indikator :
- 3.1 ( Indikator 12 ) Menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar.
- 3.2 ( Indikator 13 ) Memberikan contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif buatan/alami.
- 3.3 ( Indikator 14 ) Memberikan dua contoh hewan yang berkembang biak dengan cara tertentu.
- 3.4 ( Indikator 15 ) Menentukan pasangan yang tepat antara jenis tumbuhan/hewan dengan cara perkembangbiakannya yang disajikan dalam tabel.
- 3.5 ( Indikator 16 ) Mengidentifikasi cara hewan tertentu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya berdasarkan ilustrasi.
- 3.6 ( Indikator 17 ) Menjelaskan tujuan hewan/tumbuhan menyesuaikan diri dengan cara tertentu.
- 3.7 ( Indikator 18 ) Menunjukkan pasangan yang tepat antara nama hewan/tumbuhan dan cara adaptasinya.
Indikator:
- 4.1 ( Indikator 19 ) Menjelaskan cara melestarikan lingkungan berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah.
- 4.2 ( Indikator 20 ) Menjelaskan manfaat pelestarian lingkungan.
- 4.3 ( Indikator 21 ) Menjelaskan akibat dari kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan.
- 4.4 ( Indikator 22 ) Menjelaskan cara mencegah terjadinya erosi, abrasi, banjir, dll.
5. Bagian tubuh tumbuhan/hewan dan fungsinya
- 5.1 ( Indikator 23) Menjelaskan fungsi bagian tubuh tumbuhan/hewan.
- 5.2 ( Indikator 24 ) Menjelaskan manfaat bagian tubuh tumbuhan/hewan tertentu bagi kehidupan manusia.
- 6.1 ( Indikator 25) Mengidentifikasi hewan yang mengalami daur hidup seperti tampak pada gambar/diagram.
- 6.2 ( Indikator 26 ) Menentukan salah satu tahapan daur hidup hewan tertentu yang merugikan atau menguntungkan manusia berdasarkan ilustrasi.
- 7.1 ( Indikator 27 ) Menentukan jenis sendi yang disajikan dalam gambar.
- 7.2 ( Indikator 28 ) Menentukan arah gerak sendi yang disajikan dalam gambar.
- 7.3 ( Indikator 29 ) Menjelaskan fungsi bagian rangka yang disajikan dalam gambar.
- 8.1 ( Indikator 30 ) Menjelaskan fungsi bagian indera pendengaran yang ditunjuk dalam gambar.
- 8.2 ( Indikator 31 ) Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk pada gambar sistem pernapasan.
- 8.3 ( Indikator 32 ) Menentukan jenis penyakit yang disebabkan adanya gangguan pada organ tertentu
- 8.4 ( Indikator 33 ) Menjelaskan fungsi organ pada manusia.
9. Sifat benda
- 9.1 ( Indikator 34 ) Menentukan pasangan yang tepat antara benda dan sifat-sifatnya, disajikan dalam tabel.
- 10.1 ( Indikator 35 ) Menentukan pasangan yang tepat pada tabel contoh kegiatan dan perubahan wujud benda yang terjadi.
- 10.2 ( Indikator 36 ) Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan).
11. Gaya dan gerak
- 11.1 ( Indikator 37 ) Menyebutkan jenis gaya dalam kegiatan sehari-hari berdasarkan gambar.
- 11.2 ( Indikator 38 ) Menyebutkan contoh kegiatan yang menunjukkan gaya dapat mengubah gerak, arah , atau bentuk benda.
- 12.1 ( Indikator 39 ) Menentukan bentuk energi pada alat/benda saat digunakan berdasarkan gambar.
- 12.2 ( Indikator 40 ) Menentukan alat-alat yang mempunyai perubahan energi yang sama dari beberapa gambar alat yang disajikan.
- 12.3 ( Indikator 41 ) Menunjukkan gambar benda atau kegiatan yang memanfaatkan energi alternatif tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
- 12.4 ( Indikator 42 ) Menentukan cara menghemat energi berdasarkan ilustrasi tentang kelangkaan energi.
- 13.1 ( Indikator 43 ) Menjelaskan penerapan kegiatan yang berkaitan dengan pemuaian/penyusutan.
- 13.2 ( Indikator 44 ) Menyebutkan penggunaan benda berdasarkan sifat hantaran panas.
- 13.3 ( Indikator 45 ) Menentukan benda-benda yang termasuk isolator/konduktor panas.
- 13.4 ( Indikator 46 ) Menyebutkan contoh perpindahan panas dalam kehidupan sehari-hari.
- 14.1 ( Indikator 47 ) Menyebutkan benda-benda yang dapat menyerap bunyi untuk mencegah gaung.
- 14.2 ( Indikator 48 ) Menentukan alat musik yang dibunyikan dengan cara tertentu (misal digesek, ditiup, dipukul, dipetik, digetarkan).
- 14.3 ( Indikator 49 ) Menentukan arah bayangan benda jika posisi sumber cahaya diubah berdasarkan gambar.
- 14.4 ( Indikator 50 ) Menjelaskan sifat cahaya yang terjadi berdasarkan ilustrasi suatu kegiatan/gambar.
- 15.1 ( Indikator 51 ) Menentukan saklar-saklar yang harus diputus/disambung sehingga beberapa lampu menyala/mati, bila diberikan gambar rangkaian listrik yang terdiri atas beberapa lampu dan dua saklar.
- 15.2 ( Indikator 52 ) Menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar.
16. Sumber daya alam
- 16.1 ( Indikator 53 ) Menjelaskan manfaat salah satu jenis sumber daya alam berdasarkan gambar.
- 16.2 ( Indikator 54 ) Menentukan beberapa sumber daya alam yang dapat diperbaharui atau tidak dapat diperbaharui.
- 16.3 ( Indikator 55 ) Menjelaskan dampak pengambilan bahan alam terhadap pelestarian lingkungan.
- 17.1 ( Indikator 56 ) Menentukan tahapan daur air berdasarkan gambar.
- 17.2 ( Indikator 57 ) Menjelaskan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air.
- 18.1 ( Indikator 58 ) Menjelaskan akibat gerakan bumi/ bulan terhadap matahari.
- 18.2 ( Indikator 59 ) Mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan.
- 18.3 ( Indikator 60 ) Menentukan nama planet yang ditunjuk pada gambar sistem tata surya.
- 18.4 ( Indikator 61 ) Menentukan nama planet berdasarkan ciri-cirinya.
- 18.5 ( Indikator 62 ) Menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi atau Hijriah.
Demikian tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah/US IPA SD Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat Sumber https://www.websitependidikan.com/
No comments:
Post a Comment