Materi IPS Kelas 2 SD - MATERIKELAS.XYZ, Selamat datang di kelas baru yaitu kelas 2 SD di kelas yang baru ini kalian sudah tumbuh lebih besar sehingga lebih semangat lagi dalam belajar dan lebih mandiri. Nah pada kelas 2 ini kalian akan berjumpa kembali dengan mata pelajaran IPS yang pada kelas sebelumnya yaitu kelas 1 juga terdapat mata pelajaran yang sama namun pada kelas yang baru ini kalian akan bertemu dengan materi yang berbeda.
Materi Pelajaran IPS merupakan pelajaran yang asyik dan menyenangkan untuk kita pelajari, kita bisa tahu apa saja tugas kita di rumah atau di sekolah karena dalam materi di kelas 2 ini akan kalian pelajari peran anggota keluarga di rumah dan bagaimana kerja sama dalam lingkungan sekolah secara benar dan beberapa materi lainnya yang terbagi ke dalam bab. Apa saja materi pelajaran IPS kelas 2 SD/MI semester 1/2. Berikut rincian selengkapnya.
Semoga materi pelajaran IPS kelas 2 SD/MI dalam bentuk pdf ini dapat memberikan manfaat baik untuk peserta didik atau pendidik dan pada umumnya dunia pendidikan di indonesia. Jika blog ini dirasa sangat membantu dan memberikan manfaat mohon untuk disebarluaskan agar orang lain dapat pula mendapatkan manfaatnya. Selamat belajar semoga sukses Sumber https://www.materikelas.xyz/
Wednesday, March 28, 2018
Materi IPA Kelas 2 SD Semester 1/2 Lengkap
Materi IPA Kelas 2 SD - MATERIKELAS.XYZ, Selamat ya buat anak-anak sekalian sekarng kamu telah naik di kelas 2 dan bertemu kembali dengan pelajaran IPA. Bagaimana dengan nilai pelajaran IPA kalian sewaktu masih duduk di kelas 1? Semoga nilainya bagus semua dan selamat berjumpa kembali dengan pelajaran IPA di kelas 2, pelajaran yang asyik dan menyenangkan.
Materi Pelajaran IPA Kelas 2 SD/MI Lengkap - Masih ingatkah kalian bahwa pelajaran ipa adalah pelajaran yang berkaitan dengan alam baik makhluk hidup maupun makhluk tak hidup, belajar dengan alam sangat menarik kalian dapat mengetahui tumbuhan maupun hewan yang ada disekitar kita. Nah berikut ini adalah materi yang akan kalian pelajari selama duduk di kelas 2 SD/MI.
Semoga materi pelajaran IPA kelas 2 SD/MI ini dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi peserta didik dan pendidik dan umumnya bagi dunia pendidikan yang ada di indonesia. Selamat belajar dan mengajar semoga kita selalu menjadi orang yang selalu bermanfaat bagi orang lain. Sumber https://www.materikelas.xyz/
Materi Pelajaran IPA Kelas 2 SD/MI Lengkap - Masih ingatkah kalian bahwa pelajaran ipa adalah pelajaran yang berkaitan dengan alam baik makhluk hidup maupun makhluk tak hidup, belajar dengan alam sangat menarik kalian dapat mengetahui tumbuhan maupun hewan yang ada disekitar kita. Nah berikut ini adalah materi yang akan kalian pelajari selama duduk di kelas 2 SD/MI.
Semoga materi pelajaran IPA kelas 2 SD/MI ini dapat memberikan manfaat yang sangat berarti bagi peserta didik dan pendidik dan umumnya bagi dunia pendidikan yang ada di indonesia. Selamat belajar dan mengajar semoga kita selalu menjadi orang yang selalu bermanfaat bagi orang lain. Sumber https://www.materikelas.xyz/
Rangkuman Materi PKn Kelas 3 SD Semester 1/2 Lengkap
Rangkuman Materi PKn Kelas 3 SD - MATERIKELAS.XYZ, Berikut ini adalah ringkasan materi PKn kelas III SD yang diambil dari IndoINT. Rangkuman ini bertujuan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran PKn khususnya di kelas 3.
Berikut ini rangkuman atau ringkasan materi pelajaran PKn kelas 3 SD/MI yang terdiri dari semester 1 dan 2 yang bisa anda baca secara langsung.
Bab 1 Makna Sumpah Pemuda
Bab 2 Aturan atau Norma di Masyarakat
Bab 3 Pentingnya Harga Diri
Bab 4 Bangga sebagai Bangsa Indonesia
Berikut ini rangkuman atau ringkasan materi pelajaran PKn kelas 3 SD/MI yang terdiri dari semester 1 dan 2 yang bisa anda baca secara langsung.
Bab 1 Makna Sumpah Pemuda
- Istilah satu nusa, bangsa, dan bahasa merupakan semboyan persatuan.
- Semboyan tersebut lahir dari peristiwa Sumpah Pemuda.
- Sumpah pemuda terjadi tanggal 28 Oktober 1928.
- Sumpah pemuda lahir dari keinginan pemuda dan pelajar Indonesia untuk merdeka.
- Pemuda dan pelajar ingin bangsa bersatu. Tidak lagi berjuang sendiri-sendiri.
- Jika bangsa bersatu, maka menjadi kuat.
- Jika bangsa bercerai, maka bangsa menjadi lemah.
- Jika bangsa lemah, maka mudah dijajah.
- Nilai Sumpah Pemuda harus diamalkan. Terutama dalam kehidupan sehari-hari.
- Contoh pengamalannya adalah menjaga kerukunan.
- Menjaga kerukunan bisa dilakukan di rumah. Selain itu dilaksanakan pula dalam masyarakat.
Bab 2 Aturan atau Norma di Masyarakat
- Aturan bertujuan agar kehidupan bermasyarakat menjadi baik. Hidup berjalan tertib, aman, damai, dan sejahtera.
- Aturan dalam masyarakat ada dua. Ada yang dibuat secara tertulis. Ada pula yang tidak tertulis.
- Aturan tidak tertulis lebih dikenal dengan istilah norma.
- Contoh norma adalah adat istiadat dan kesusilaan.
- Aturan tertulis di masyarakat disebut peraturan atau hukum.
- Contoh peraturan misalnya peraturan kependudukan.
- Aturan tertulis biasanya dibuat oleh suatu lembaga resmi. Misalnya lembaga pemerintahan.
- Menaati dan melaksanakan aturan sama artinya dengan melaksanakan kewajiban.
- Kita akan mendapatkan hak jika telah memenuhi kewajiban.
- Setiap pelanggaran aturan atau hukum akan mendapatkan sanksi.
- Jika pelanggarannya sudah bersifat pidana, maka pelanggar akan dikenakan pasal pidana.
Bab 3 Pentingnya Harga Diri
- Harga diri adalah derajat kehormatan. Tentunya kehormatan yang dimiliki seorang manusia.
- Harga diri menyangkut nilai kepribadian seseorang.
- Orang yang memiliki harga diri mampu menghargai diri sendiri.
- Orang sombong memiliki harga diri yang tinggi. Namun, bersifat negatif atau jelek.
- Ada orang yang harga dirinya rendah.
- Ia tidak memiliki keinginan untuk memerbaiki diri. Ia bersikap buruk dan rendah diri.
- Orang yang harga dirinya baik akan menjadi teladan bagi orang lain.
- Harga diri yang harus dimiliki adalah yang baik.
- Harga diri tersebut bersifat positif.
- Harga diri yang baik tercermin dalam perilaku seharihari.
- Contoh harga diri yang baik antara lain: menghargai diri sendiri, mau menerima kritik, dan mau mengakui kelebihan atau kekurangan.
- Contoh harga diri yang buruk misalnya arogan, mau menang sendiri, tidak disiplin, dan sombong.
- Berperilaku baik harus dilakukan di mana saja. Misalnya di rumah dan di sekolah.
Bab 4 Bangga sebagai Bangsa Indonesia
- Ciri khas adalah ciri yang unik yang berbeda dengan yang lain.
- Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang memiliki ciri khas yang sangat beragam.
Rangkuman Materi PKn Kelas 4 SD Semester 1/2 Lengkap
Rangkuman Materi PKn Kelas 4 SD - MATERIKELAS.XYZ, Untuk mempermudah dalam memahami materi pelajaran PKn yang ada di kelas 4 SD/MI salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah membuat ringkasan materi mulai dari semester 1 hingga semester 2.
Rangkuman Materi PKn Kelas 4 SD/MI - Dengan membuat ringkasan materi maka belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Bagi anda yang belum sempat membuat rangkuman materi berikut saya bagikan rangkuman materi PKN kelas 4 SD/MI secara lengkap.
Bab 1 Mengenal Pemerintahan Desa dan Kecamatan Sendiri
Bab 2 Mengenal Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Provinsi Sendiri
Bab 3 Pemerintahan Pusat dan Lembaga-Lembaga Negara Kita
Bab 4 Globalisasi
Bab 5 Budaya Indonesia
Rangkuman Materi PKn Kelas 4 SD/MI - Dengan membuat ringkasan materi maka belajar menjadi lebih mudah dan efektif. Bagi anda yang belum sempat membuat rangkuman materi berikut saya bagikan rangkuman materi PKN kelas 4 SD/MI secara lengkap.
Bab 1 Mengenal Pemerintahan Desa dan Kecamatan Sendiri
- Kepala desa merupakan pimpinan dalam penyelenggaraan pemerintah desa.
- Perangkat desa adalah sekretaris desa atau perangkat desa lainnya yang diangkat oleh pejabat yang berwenang.
- Kelurahan adalah wilayah kerja lurah yang mana sebagai perangkat daerah kabupaten/kota di bawah kecamatan.
- Wilayah kecamatan meliputi beberapa desa/kelurahan.
- Badan Permusyawaratan Desa atau BPD adalah lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa bersangkutan berdasarkan keterwakilan wilayah yang ditetapkan dengan cara musyawarah dan mufakat.
- Pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian camat dilakukan oleh bupati atas usul sekretaris daerah.
- Perangkat kecamatan terdiri atas camat, sekretaris camat, seksi- seksi dan jabatan fungsional.
- Camat bertugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh bupati/walikota.
- Seksi-seksi yang berada di lingkungan kecamatan bertugas menbantu camat dalam menjalankan roda pemerintahan di lingkungan kecamatan.
- Tugas seorang camat adalah melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh seorang bupati atau walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah.
Bab 2 Mengenal Pemerintahan Kabupaten, Kota, dan Provinsi Sendiri
- Kabupaten/kota merupakan wilayah otonom dibawah koordinasi pemerintah provinsi, dimana kabupaten dipimpin oleh kepala daerah yang disebut bupati. Sedangkan, kota dipimpin oleh seorang kepala daerah yang disebut walikota.
- DPRD berfungsi sebagai lembaga legislatif daerah yang merupakan perwujudan dari demokrasi Pancasila.
- DPRD memiliki fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan.
- Perangkat kabupaten/kota terdiri atas kepala daerah, sekretariat DPRD, sekretariat daerah, dinas-dinas, badan-badan, dan kantor- kantor.
- Sekretariat DPRD kabupaten/kota merupakan perangkat pemerintah daerah yang bertugas memberikan pelayanan kepada anggota DPRD kabupaten/kota.
- Dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, DPRD memiliki hak, antara lain: hak interpelasi, hak angket, dan hak menyatakan pendapat.
- Provinsi terdiri atas beberapa kabupaten/kota dan hanya diberikan otonomi secara terbatas.
- Provinsi dipimpin oleh kepala daerah yang disebut gubernur. Dalam penyelenggaraan pemerintahan provinsi, gubernur dibantu oleh seorang wakil gubernur dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan provinsi dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) provinsi.
- DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat daerah dan berkedudukan sebagai unsur penyelenggaraan pemerintah daerah.
- Perangkat daerah meliputi Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Daerah Provinsi dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi.
Bab 3 Pemerintahan Pusat dan Lembaga-Lembaga Negara Kita
- Pemerintahan pusat adalah gabungan dari beberapa lembaga yang ada pada tingkat pusat, yaitu lembaga legislatif (MPR yang terdiri dari DPR dan DPD), lembaga eksekutif (presiden, wakil presiden dan menteri), lembaga kekuasaan kehakiman (MA, KY dan MK), dan BPK.
- Kekuasaan eksekutif dijalankan oleh presiden dbantu oleh wakil presiden dan para menteri.
- Kekuasaan legislatif dipegang oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).
- Kekuasaan eksaminatif, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
- Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyeleng- garakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.
Bab 4 Globalisasi
- Globalisasi adalah proses perubahan menuju kehidupan mendunia. Di era globalisasi ini, setiap kejadian, peristiwa, atau perkembangan di suatu tempat akan didapatkan orang-orang yang ada di tempat lain yang berjauhan.
- Masuknya budaya asing melalui televisi, radio, atau internet sedikit banyak telah mempengaruhi kebudayaan suatu bangsa.
- Adanya budaya asing tersebut tentu ada yang bersifat positif dan ada pula yang bersifat negatif.
Bab 5 Budaya Indonesia
- Budaya artinya pikiran dan akal budi, sedangkan kebudayaan adalah semua hasil cipta, karya, rasa, dan karsa manusia yang dilakukan secara sadar dalam kehidupan bermasyarakat.
- Menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan ialah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.
- Hasil kebudayaan ada yang dapat dilihat dan diraba atau berwujud, namun ada pula yang tidak dapat diraba atau tidak berwujud, tetapi dapat dirasakan keberadaannya.
- Kebudayaan daerah merupakan hasil pemikiran dan perbuatan masyarakat di daerah yang bersangkutan yang mempunyai ciri-ciri tersendiri.
- Kebudayaan nasional Indonesia adalah kebudayaan yang terbentuk dari unsur-unsur kebudayaan daerah yang ada di seluruh wilayah Indonesia.
Kisi Kisi Ujian Praktek dan Panduan Penilaian Sekolah Dasar
Kisi Kisi Ujian Praktek dan Panduan Penilaian Ujian Sekolah Dasar (SD) maupun Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sederajat akan dilaksanakan dengan menggunakan 3 mata pelajaran utama yakni Bahasa Indonesia, Matematika (MTK) serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang terkenal dengan istilah USBN. Selain dari pada itu ada beberapa mata pelajaran yang lain yang pada nantinya akan ikut diuji yang sudah barang tentu disajikan dengan format berbeda yang dikenal dengan istilah nama Ujian Akhir Sekolah (UAS). Berkaitan dengan hal ini Admin akan membagikan Kisi Kisi Ujian Praktik dan Panduan Penilaian untuk lebaga Sekolah Dasar (SD) khususnya pada tahun pelajaran 2017/2018
Dengan adanya kisi-kisi berikut pedoman penilaiannya tentunya amat memudahkan seorang pendidik terutama guru kelas 6 dalam hal menyelenggarakan kegiatan evaluasi akhir kelas 6 dalam ujian prakte, sehingga nanti tingkat kevalidan dan objektivitas penilaian dapat dipertanggungjawaban pada walimurid maupun sebagai bahan laporan ke instansi dinas terkait. Selain untuk tingkat Sekolah Dasar juga bisa dipergunakan untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI).
Download Kisi-kisi Ujian Praktek dan Panduan Penilaian
Dalam kegiatan Ujian Akhir Sekolah (UAS) terdapat 2 jenis teknis pengerjaan ujian diantaranya melalui ujian teori yaitu ujian tulis dari beberapa mata pelajaran maupun praktek yang diselenggarakan berdasarkan matapelajaran yang ditetepkan oleh dinas terkait
Baca Juga:
Kisi Kisi Ujian Praktek Sekolah Dasar 2017
Berkaitan dengan hal ini Admin mencoba berbagi kisi-kisi dan pedoman penilaian yang memang dibutuhkan oleh beberapa guru yang saya dapatkan dari beberapa request teman-teman guru mengenai hal ini. Berikut ini ada beberapa file yang berkaitan langsung dengan kegiatan ujian praktek kelas 6 yang saya dapatkan dari sumber novatrihardian.blogspot.co.id dengan harapan semoga dengan hadirnya postingan tersebut bisa menjadikan sebuah referensi serta bekal anda semua dalam menyelenggarakan ujian praktek di lingkungan sekolah Anda semuanya.
Berikut ini bisa unduh satu persatu
Demikian postingan yang berhubungan dengan Kisi-Kisi Ujian Praktek dan Panduan Penilaian Sekolah Dasar semoga bisa bermanfaat bagi Anda semuanya
Rangkuman Materi IPS Kelas 4 SD KTSP Semester 1/2 Lengkap
Rangkuman Materi IPS Kelas 4 SD KTSP - MATERIKELAS.XYZ, Bagi yang sedang mencari materi untuk bahan belajar baik menjelang ulangan harian, tengah semester atau kenaikkan kelas berikut ini saya bagikan rangkuman materi pelajaran IPS secara lengkap untuk dari semester 1 dan 2 sebagai bahan belajar dalam memahami setiap materi yang telah di sampaikan oleh guru.
Inilah rangkuman materi pelajaran IPS Kelas 4 SD/MI semester 1 dan 2 selengkapnya yang bisa anda pelajari secara mudah.
Bab 1 Peta Lingkungan Setempat
Bab 2 Kenampakan Alam di Lingkungan Setempat
Bab 3 Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat
Bab 4 Keanekaragaman Suku dan Budaya Setempat
Bab 5 Peninggalan Sejarah di Lingkungan Setempat
Bab 6 Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme
Bab 7 Kegiatan Ekonomi berdasarkan Potensi Daerah
Bab 8 Koperasi dalam Perekonomian Indonesia
Bab 9 Perkembangan Teknologi
Bab 10 Masalah Sosial di Lingkungan Setempat
Inilah rangkuman materi pelajaran IPS Kelas 4 SD/MI semester 1 dan 2 selengkapnya yang bisa anda pelajari secara mudah.
Bab 1 Peta Lingkungan Setempat
- Peta merupakan gambar sebagian atau keseluruhan permukaan bumi dengan skala tertentu. Kumpulan peta yang dibukukan disebut Atlas. Peta yang dibuat pada bidang bola disebut globe.
- Ada dua jenis peta yaitu peta umum (Peta Topografi) dan peta khusus (Peta Tematik).
- Peta yang baik disertai dengan komponen-komponen peta. Komponen peta terdiri dari judul peta, skala peta, legenda, simbol, arah mata angin, garis astronomis, garis tepi, tahun pembuatan, indeks dan inset peta.
- Cara sederhana menggambar peta adalah dengan menjiplak dan teknik kotak. Dalam menggambar peta harus dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan.
- Salah satu komponen peta yang penting adalah skala. Skala merupakan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di permukaan bumi. Skala ada dua jenis, skala angka dan skala garis. Kita dapat menghitung jarak suatu tempat dengan menggunakan skala.
- Cara memperbesar dan memperkecil peta dapat dilakukan dengan teknik kotak. Jika peta diperbesar atau diperkecil maka skalanya juga berubah.
Bab 2 Kenampakan Alam di Lingkungan Setempat
- Kenampakan alam merupakan bentuk muka bumi. Kenampakan alam disebut juga bentang alam.
- Kenampakan alam terdiri dari kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan.
- Kenampakan alam wilayah daratan antara lain dataran rendah, dataran tinggi, gunung, pegunungan, tanjung, dan delta. Sedangkan kenampakan alam wilayah perairan antara lain laut, selat, teluk, sungai, danau dan rawa. Semua kenampakan alam tersebut memiliki manfaat bagi kehidupan masyarakat.
- Kenampakan alam berpengaruh pada kehidupan sosial budaya manusia. Antara lain dalam hal pekerjaan, adat-istiadat, peralatan hidup, makanan, pengetahuan, kesenian, bahasa dan sistem kemasyarakatan.
- Peristiwa alam yang terjadi dapat menimbulkan keuntungan dan kerugian. Peristiwa alam yang merugikan sering disebut dengan bencana alam. Peristiwa alam yang terjadi dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Peristiwa alam yang dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat antara lain gempa bumi, gunung meletus, banjir dan angin topan.
Bab 3 Sumber Daya Alam dan Kegiatan Ekonomi Setempat
- Sumber daya alam merupakan kekayaan alam di suatu tempat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
- Sumber daya alam dibagi menjadi dua, yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
- Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu sumber daya alam yang dapat dihasilkan kembali (dilestarikan) setelah kita menggunakannya. Contohnya adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan. Sumber daya alam yang selalu tersedia setiap saat di alam juga termasuk sumber daya alam yang dapat diperbarui. Contohnya adalah air, tanah dan udara.
- Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaruiyaitu sumber daya alam yang tidak bisa kita hasilkan kembali setelah kita menggunakannya. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dapat dibedakan menjadi tiga, yakni sumber daya alam mineral logam, sumber daya alam mineral bukan logam (batu-batuan), dan sumber daya energi.
- Peta persebaran sumber daya alam di suatu tempat berguna untuk mengetahui dengan cepat daerah mana yang menghasilkan suatu sumber daya alam. Sehingga kita dapat memanfaatkannya dengan lebih optimal.
- Bentuk-bentuk kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam antara lain pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, kerajinan, perdagangan, perindustrian, jasa, dan pertambangan.
- Bentuk alam beserta sumber daya alam yang terdapat di dalamnya bepengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat terutama dalam hal pekerjaan.
- Sumber daya alam merup akan karunia Tuhan yang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Usaha pelestarian sumber daya alam antara lain dengan berhemat, banyak menanam pohon, mendaur ulang, dan tidakm erusak lingkungan .
Bab 4 Keanekaragaman Suku dan Budaya Setempat
- Suku bangsa merupakan sekumpulan masyarakat yang memiliki kebiasaan dan budaya yang sama. Contoh suku di Indonesia antara lain Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Tengger, Suku Aceh, Suku Batak, Suku Asmat, Suku Dayak, Suku Bali, Suku Sasak dan lain sebagainya.
- Budaya dan kebudayaan adalah semua hasil pengolahan akal pikiran (cipta), perasaan (rasa) dan kehendak (karsa) dari manusia.
- Bentuk-bentuk budaya yang biasa terdapat di tiap sukub angsa antara lain bahasa, sistem kemasyarakatan, upacara adat, rumah adat, pakaian adat, senjata tradisional, dan kesenian tradisional. Sedangkan kesenian tradisional terdiri dari tarian tradisional, seni musik tradisional, lagu daerah, seni pertunjukan, dan cerita rakyat.
- Beragamnya suku dan budaya di wilayah Indonesia sangat rawan perpecahan. Oleh karena itu persatuan dalam keragaman harus senantiasa dijaga. Dengan berpegang pada semboyan Bhinneka Tunggal Ika, niscaya persatuan dalam keragaman akan senantiasa terwujud.
Bab 5 Peninggalan Sejarah di Lingkungan Setempat
- Sejarah merupakan cerita yang benar-benar terjadi di masa lalu.
- Kita belajar sejarah agar dapat mengambil manfaatnya yakni mengetahui kehidupan manusia di masa lalu dan dapat mengambil pelajaran dari perjalanan hidup di masa lalu.
- Kita dapat mengetahui kehidupan di masa lalu dari sumber sejarah. Ada tiga sumber sejarah yakni sumber lisan, tertulis dan benda. Sumber-sumber sejarah mempunyai nilai yang sangat tinggi karena menjadi bukti nyata suatu peristiwa di masa lalu.
- Setiap tempat atau setiap daerah pasti memiliki sejarah kelahiran atau berdirinya. Untuk mengetahuinya kita harus mencari sumber yang dapat dipercaya.
- Kita bisa mengetahui kehidupan masa lalu manusia melalui peninggalan-peningalan sejarah yang ditemukan. Bentuk-bentuk peninggalan sejarah antara lain berupa tulisan, bangunan, benda, karya seni dan adat istiadat. Peninggalan sejarah yang berupa tulisan antara lain prasasti dan naskah kuno. Peninggalan sejarah yang berupa bangunan adalah candi, masjid, gereja, benteng, dan istana atau keraton. Peninggalan sejarah yang berupa benda antara lain fosil, artefak dan patung.
- Peninggalan sejarah memiliki arti yang sangat penting dan bernilai tinggi. Sehingga kita harus melestarikan peninggalan sejarah.
Bab 6 Sikap Kepahlawanan dan Patriotisme
- Sikap kepahlawanan adalah sikap yang menunjukkan keberanian dan pengorbanan yang tinggi dalam berjuang mencapai suatu hal.
- Ciri-ciri sikap kepahlawanan adalah berani, tangguh, bersemangat untuk maju, ikhlas dan rela berkorban.
- Sikap kepahlawanan harus kita wujudkan dalam kehidupan sehari- hari. Sikap kepahlawanan dapat diwujudkan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
- Sikap patriotisme merupakan sikap cinta tanah air. Sikap patriotisme tidak hanya dimiliki oleh pahlawan tetapi juga harus dimiliki semua warga Indonesia.
- Wujud sikap patriotisme antara lain :
- a. mencintai dan menggunakan produk dalam negeri
- b. tidak merusak lingkungan hidup
- c. tidak merusak fasilitas umum
- d. ikut serta dalam pembangunan bangsa
- e. mentaati peraturan yang ada
- f. melestarikan budaya bangsa.
- Jasa para pahlawan harus kita hargai dengan jiwa besar Menghargai jasa pahlawan yang paling penting adalah meneladai sikap dan perjuangannya.
Bab 7 Kegiatan Ekonomi berdasarkan Potensi Daerah
- Kebutuhan hidup manusia dapat dibedakan menjadi dua, yakni kebutuhan pokok dan kebutuhan tambahan.
- Kebutuhan pokok merupakan kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi setiap hari. Yang termasuk kebutuhan pokok antara lain pangan, sandang, papan, dan kesehatan.
- Kebutuhan tambahan merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda. Contoh kebutuhan tambahan antara lain kendaraan, telepon, dan rekreasi.
- Kegiatan ekonomi merupakan kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup.
- Kegiatan ekonomi terdiri dari produksi, konsumsi, dan distribusi.
- Setiap daerah memiliki potensi daerah yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi.
- Potensi daerah dapat dibedakan menjadi tiga, yakni potensi alam, potensi sosial budaya, dan potensi sumber daya manusia.
- Potensi-potensi yang ada di suatu daerah dapat dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi. Kegiatan pemanfaatan potensi daerah ini mencakup banyak bidang. Antara lain bidang pertanian, perkebunan, peternakan, industri, perdagangan, pertambangan, dan pariwisata.
- Dalam setiap pemanfaatan potensi daerah untuk kegiatan ekonomi membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, terampil dan terlatih.
Bab 8 Koperasi dalam Perekonomian Indonesia
- Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi. Badan hukum koperasi artinya koperasi yang telah diakui oleh pemerintah sebagai lembaga hukum. Koperasi berasaskan kekeluargaan dan bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggotanya.
- Manfaat koperasi bagi anggota antara lain:
- 1) memenuhi kebutuhan anggota,
- 2) pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU),
- 3) setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong,
- 4) setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab.
- Menurut Undang-Undang Perkoperasian modal koperasi terdiri dari modal sendiri dan modal pinjaman. Modal sendiri dapat berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, dana cadangan dan dana hibah. Sedangkan modal pinjaman bisa berasal dari anggota, koperasi lain, bank dan sumber lain yang sah.
- Koperasi memiliki tiga kelengkapan yaitu, rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Rapat anggota memiliki kedudukan tertinggi dalam koperasi.
- Berdasarkan jenis usahanya koperasi dapat kita bedakan menjadi koperasi produksi, koperasi konsumsi, koperasi simpan pinjam, dan koperasi serba usaha. Berdasarkan keanggotaannya koperasi antara lain dibedakan menjadi Koperasi Sekolah, Koperasi Pegawai Negeri, Koperasi Unit Desa dan Koperasi Pasar. Berdasarkan tingkatannya koperasi dapat dibedakan menjadi koperasi primer dan koperasi sekunder.
- Koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.
- Koperasi di Indonesia masih banyak kelemahannya, antara lain sulit berkembang karena modal terbatas dan pengurus yang kurang cakap dalam mengelola koperasi.
Bab 9 Perkembangan Teknologi
- Teknologi merupakan ilmu yang menggali berbagai ilmu terapan. Teknologi juga sering dipakai untuk menyebut berbagai jenis peralatan yang mempermudah hidup manusia.
- Jenis teknologi antara lain adalah teknologi alat rumah tangga, teknologi produksi, teknologi komunikasi dan teknologi transportasi.
- Teknologi produksi merup akan teknologi yang digunakan untuk mengolah bahan mentah menjadi barang jadi. Teknologi produksi dibedakan menjadi teknologi produksi makanan dan obat-obatan, teknologi produksi pakaian dan teknologi produksi bahan bangunan.
- Contoh teknologi produksi masa lalu antara lain cangkul, bajak, kapak, alat tenun tangan. Contoh teknologi produksi masa kini antara lain traktor, mesin tenun, dan gergaji mesin.
- Teknologi komunikasi dibedakan menjadi teknologi komunikasi lisan, tertulis dan komunikasi dengan isyarat.
- Contoh teknologi komunikasi masa lalu antara lain kentongan, asap, surat yang diantar kurir. Contoh teknologi komunikasi masa kini antara lain media cetak, televisi, radio, HP dan internet.
- Teknologi transportasi dibedakan menjadi teknologi transportasi darat, laut dan udara.
- Contoh teknologi transportasi masa lalu antara lain kuda, andong, delman, perahu layar. Contoh teknologi transportasi masa kini antara lain bus, kereta api listrik, pesawat terbang.
Bab 10 Masalah Sosial di Lingkungan Setempat
- Masalah sosial merupakan masalah yang terjadi di masyarakat. Masalah sosial merupakan kondisi masyarakat yang tidak normal atau tidak semestinya.
- Masalah sosial terjadi karena faktor ekonomi, kepribadian, lingkungan masyarakat dan negara.
- Bentuk-bentuk masalah sosial antara lain kebodohan, pengangguran, kemiskinan, kejahatan, pertikaian dan kenakalan remaja.
- Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah sosial, antara lain : pemberian kartu Askes, raskin, dana BOS, BTL, sekolah terbuka, pendidikan luar sekolah, pemberian bantuan modal usaha.
- Upaya mengetasi masalah sekolah perlu melibatkan berbagai pihak baik individu, kelompok masyarakat, pengusaha, organisasi sosial baik di dalam dan luar negeri.
- Upaya mengatasi masalah seringkali menemui hambatan seperti tidak tepat sasaran, petugas yang menyalahgunkan serta kurangnya kerjasama dengan masyarakat.
Lembar Kerja Siswa SD Kurikulum 2013 Revisi Semua Kelas
Lembar Kerja Siswa SD Kurikulum 2013 Revisi Semua Kelas, LK atau lembar kerja jika pada siswa namanya LKS, LKS K13 Revisi tahun 2017 untuk kelas 1,2,3,4 5 dan 6 Sekolah Dasar ini akan sangat bermanfaat apabila bisa dijadikan referensi oleh rekan guru, Lembar Kerja Siswa (LKS) adalah lembaran yang berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. LKS biasanya berupa petunjuk, langkah untuk menyelesaikan suatu tugas, suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar kegiatan harus jelas kompetensi dasar yang akan dicapainya.
Lembar Kerja Siswa SD Kurikulum 2013 Revisi ini kami bagikan dengan sedikit memberikan contoh dalam isi yang ada didalam nya, namun demikian LKS ini hanya sebuah perbandingan, kesesuaian dengan kompetensi dasar bapak/ibu dengan indikator pencapaian kompetensi sangat diharapkan.
Baca Juga
Download Panduan Dan Lembar Kerja Interaksi Orang Tua Siswa Pada Kurikulum 2013
A.1. Globalisasi melanda hampir semua sendi kehidupan. Kamu salah satu dari jutaan pelaku Globalisasi. Sudahkah kamu melakukan kegiatan seperti di bawah ini? Isilah tabel di bawah ini dengan memberi tanda (√) pada kolom sudah atau belum!
Kesenian Indonesia sudah mendunia. Kamu harus bangga akan kebudayaan bangsa kamu sendiri. Dengan seringnya Indonesia, mengirim misi kebudayaan ke luar negeri. Sudahkah kamu melakukan hal-hal di bawah ini?Berilah tanda (√) pada kolom sudah atau belum dan berikan
B. PENTING UNTUK DIINGAT
Globalisasi : Menuju kehidupan masyarakat dunia
Budaya : Pikiran, akal budi manusia
Teknologi : Kemampuan tekhnik yang berlandaskan ilmu pengetahuan
Internet : Media Informasi yng menggunakan perangkat komputer dan jaringan telepon
C. UJI KOMPETENSI
C.1. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
1. Globalisasi artinya proses kehidupan yang…..
a. Berhubungan c. Mega dunia
b. Berkomunikasi d. Mendunia
2. Istilah globalisasi muncul akibat majunya……
a. Ilmu pengetahuan dan tekhnologi c. Ilmu pengetahuan sosial
b. Perdagangan d. Ilmu pengetahuan budaya
3. Manfaat alat angkutan adalah……
a. Mempersingkat waktu perjalanan
b. Memperpendek jarak perhubungan
c. Mempermudah komunikasi
d. Mempersingkat jarak
4. Salah satu dampak positif dari globalisasi adalah
a. Meningkatnya etos kerja c. menimbulkan kesenjangan sosial
b. Adanya pergaulan bebas d. sulit memperoleh informasi
5. Bersikap konsumtif, matrealis dan individualis adalah pengaruh buruk globalisasi dalam….
a. Nilai tradisi c. kuliner
b. Gaya hidup d. fashion
Mengenal Authentic Assesment Kurikulum 2013
6. Media yang cepat memberikan infomasi yaitu…
a. Televisi c. Internet
b. Radio d. Majalah
7. Budaya adalah……….
a. Pikiran dan akal budi c. etika dan norma
b. Pikiran dan akal sehat d. moral dan etika
8. Kelompok misi kesenian Bougenville yang tampil di Madrid, Spanyol berasal dari….
a. Kalimantan Selatan c. Sulawesi Selatan
b. Kalimantan Barat d. Sulawesi Utara
9. Program acara yang pernah ditayangkan secara langsung antata TV Malaysia dan TVRI adalah…
a. Titian Muhibah c. film-film impor
b. Sekapur Sirih d. serumpun melayu
10. Tari Saman berasal dari daerah…..
a. Palembang c. Lampung
b. Aceh d. Bengkulu
C.2. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
1. Globalisasi mempengaruhi kehidupan manusia dibidang ….
2. Diantara dampak positif dari globalisasi adalah ….
3. Kita bisa mengetahui peristiwa di luar negeri pada terjadinya kejadian. Hal ini merupakan dampak dari kemajuan ….
4. Kita bisa berbicara dengan saudara kita yang ada di luar kota dengan menggunakan ….
5. Semakin canggihnya tayangan sinetron dan film di Indonesia adalah salah satu pengaruh globalisasi dibidang ….
6. Hasil kebudayaan yang tidak dapat diraba dan tidak berwujud adalah ….
7. Tanah rencong adalah sebutan bagi sebuah provinsi di Indonesia, yaitu ….
8. Tari Seudati berasal dari daerah …
9. Kesenian Ludruk berasal dari daerah …
10. Masyarakat di daerah pesisir akan mengembangkan kebudayaan ….
LKS KELAS 2 SEMESTER 2
LKS KELAS 3 SEMESTER 2
LKS KELAS 4 SEMESTER 2
LKS KELAS 5 SEMESTER 2
LKS KELAS 6 SEMESTER 2 (A)
LKS KELAS 6 SEMESTER 2 (B)
Sumber https://www.datasekolah.co.id/
Lembar Kerja Siswa SD Kurikulum 2013 Revisi ini kami bagikan dengan sedikit memberikan contoh dalam isi yang ada didalam nya, namun demikian LKS ini hanya sebuah perbandingan, kesesuaian dengan kompetensi dasar bapak/ibu dengan indikator pencapaian kompetensi sangat diharapkan.
Baca Juga
Download Panduan Dan Lembar Kerja Interaksi Orang Tua Siswa Pada Kurikulum 2013
Contoh Lembar Kerja Siswa SD Kurikulum 2013
A. PEMBELAJARAN MANDIRIA.1. Globalisasi melanda hampir semua sendi kehidupan. Kamu salah satu dari jutaan pelaku Globalisasi. Sudahkah kamu melakukan kegiatan seperti di bawah ini? Isilah tabel di bawah ini dengan memberi tanda (√) pada kolom sudah atau belum!
Kesenian Indonesia sudah mendunia. Kamu harus bangga akan kebudayaan bangsa kamu sendiri. Dengan seringnya Indonesia, mengirim misi kebudayaan ke luar negeri. Sudahkah kamu melakukan hal-hal di bawah ini?Berilah tanda (√) pada kolom sudah atau belum dan berikan
B. PENTING UNTUK DIINGAT
Globalisasi : Menuju kehidupan masyarakat dunia
Budaya : Pikiran, akal budi manusia
Teknologi : Kemampuan tekhnik yang berlandaskan ilmu pengetahuan
Internet : Media Informasi yng menggunakan perangkat komputer dan jaringan telepon
C. UJI KOMPETENSI
C.1. Berilah tanda silang (X) pada huruf A, B, C, atau D di depan jawaban yang benar!
1. Globalisasi artinya proses kehidupan yang…..
a. Berhubungan c. Mega dunia
b. Berkomunikasi d. Mendunia
2. Istilah globalisasi muncul akibat majunya……
a. Ilmu pengetahuan dan tekhnologi c. Ilmu pengetahuan sosial
b. Perdagangan d. Ilmu pengetahuan budaya
3. Manfaat alat angkutan adalah……
a. Mempersingkat waktu perjalanan
b. Memperpendek jarak perhubungan
c. Mempermudah komunikasi
d. Mempersingkat jarak
4. Salah satu dampak positif dari globalisasi adalah
a. Meningkatnya etos kerja c. menimbulkan kesenjangan sosial
b. Adanya pergaulan bebas d. sulit memperoleh informasi
5. Bersikap konsumtif, matrealis dan individualis adalah pengaruh buruk globalisasi dalam….
a. Nilai tradisi c. kuliner
b. Gaya hidup d. fashion
Mengenal Authentic Assesment Kurikulum 2013
6. Media yang cepat memberikan infomasi yaitu…
a. Televisi c. Internet
b. Radio d. Majalah
7. Budaya adalah……….
a. Pikiran dan akal budi c. etika dan norma
b. Pikiran dan akal sehat d. moral dan etika
8. Kelompok misi kesenian Bougenville yang tampil di Madrid, Spanyol berasal dari….
a. Kalimantan Selatan c. Sulawesi Selatan
b. Kalimantan Barat d. Sulawesi Utara
9. Program acara yang pernah ditayangkan secara langsung antata TV Malaysia dan TVRI adalah…
a. Titian Muhibah c. film-film impor
b. Sekapur Sirih d. serumpun melayu
10. Tari Saman berasal dari daerah…..
a. Palembang c. Lampung
b. Aceh d. Bengkulu
C.2. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat!
1. Globalisasi mempengaruhi kehidupan manusia dibidang ….
2. Diantara dampak positif dari globalisasi adalah ….
3. Kita bisa mengetahui peristiwa di luar negeri pada terjadinya kejadian. Hal ini merupakan dampak dari kemajuan ….
4. Kita bisa berbicara dengan saudara kita yang ada di luar kota dengan menggunakan ….
5. Semakin canggihnya tayangan sinetron dan film di Indonesia adalah salah satu pengaruh globalisasi dibidang ….
6. Hasil kebudayaan yang tidak dapat diraba dan tidak berwujud adalah ….
7. Tanah rencong adalah sebutan bagi sebuah provinsi di Indonesia, yaitu ….
8. Tari Seudati berasal dari daerah …
9. Kesenian Ludruk berasal dari daerah …
10. Masyarakat di daerah pesisir akan mengembangkan kebudayaan ….
Download LKS Kurikulum 2013 SD Semua Kelas
LKS KELAS 1 SEMESTER 2LKS KELAS 2 SEMESTER 2
LKS KELAS 3 SEMESTER 2
LKS KELAS 4 SEMESTER 2
LKS KELAS 5 SEMESTER 2
LKS KELAS 6 SEMESTER 2 (A)
LKS KELAS 6 SEMESTER 2 (B)
Sumber https://www.datasekolah.co.id/
Cara Memperkecil Ukuran File Gambar (JPG) Dengan Adobe Photoshop
Pernahkah Anda menghadapi kesulitan mengupload file berjenis JPG karena ukuran piksel file gambar/foto yang terlalu besar.? Misalnya ketika sedang melakukan aktifitas pendaftaran secara online , kita diminta untuk mengupload foto dengan ukuran maksimal yang telah ditetapkan misalnya 1 mb, sedangkan foto yang kita miliki memiliki ukuran yang jauh lebih besar sehingga otomatis sistem menolak upload foto yang kita miliki.
Satu-satunya cara yang dapat dilakukan adalah memperkecil ukuran piksel file foto yang kita miliki. Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk memperkecil ukuran piksel file foto. Namun admin pada kesempatan ini akan menjelaskan cara memperkecil ukuran foto dengan aplikasi Adobe Photoshop. Caranya cukup mudah, simpel dan tidak memerlukan keterampilan tentang Photoshop yang mendalam. Syaratnya adalah : 1) di laptop atau komputer sudah terinstal aplikasi Photoshop, 2) memiliki gambar atau foto yang memiliki ukuran cukup besar; 3) sedikit kemauan untuk belajar.
Supaya lebih jelas, langkah-langkah memperkecil ukuran gambar dengan aplikasi Adobe Photoshop akan diuraikan lengkap dengan gambar. Silahkan simak dengan baik!
- Buka aplikasi Photoshop dengan mengkik ikon photoshop di desktop, atau melalui tombol start.
- Setelah apikasi photoshop terbuka, klik menu File, klik Open.
- Akan muncul jendela pencarian. Cari file gambar di komputer. Setelah ditemukan klik gambar tersebut dan klik open.
- Gambar akan masuk ke dalam aplikasi Photoshop. Selanjutnya klik File, klik Save As.
- Muncul jendela Save As. Tentukan lokasi tempat gambar akan disimpan dengan mengklik panah kecil di sebelah kanan tulisan Save In. Isi juga nama file dengan nama yang berbeda dari nama file asli jika gambar asli ingin tetap ada. Selanjutnya klik Save.
- Muncul jendela JPG Options.
- Isi kolom Quality dengan mengklik panah kecil di sebelah kanan tulisan Low. . Jika panah kecil di klik akan muncul 4 pilihan yaitu Low, Medium, High, Maximum. Jika berniat untuk memperkecil ukuran gambar pilih Low. menentukan ukuran gambat bisa juga dengan memindahkan panah biru ke kiri dan kekanan. Jika ke kiri ukuran file semakin kecil, jika ke kanan ukuran file semakin besar. Lihat di sebelah kanan, ada angka yang menunjukan ukuran file (185,7 k artinya ukuran gambar 185,7 kb)).
- Jika ukuran gambar telah sesuai, klik Ok dan proses memperkecil ukuran file gambar/foto selesai. Gambar atau foto tersimpan kini telah memiliki ukuran yang kecil.
Demikianlah cara memeperkecil ukuran piksel gambar/foto dengan aplikasi Photoshop. Mudah dan tidak perlu memiliki keterampilan yang rumit tentang photoshop. Kualitas gambar yang dihasilkan sebanding dengan gambar asli yang memiliki ukuran yang besar.
Foto dengan ukuran 114 kb |
Foto dengan ukuran 2,46 mb |
Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 6 SD/MI Dengan Kunci Jawaban
Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 6 SD/MI Dengan Kunci Jawaban, soal Ilmu pengetahuan sosial mapel non USBN untuk US/M ini sesuai dengan kisi-kisi pembuatan soal untuk UAS atau ujian akhir sekolah, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban, bisa digunakan untuk latihan maupun referensi soal dalam Ujian sekolah di pendidikan dasar.
Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 6 SD/MI Dengan Kunci Jawaban ini terdiri dari bentuk pilihan ganda, isian dan essay, namun sekali lagi soal-soal ini merupakan contoh saja, selanjutnya bapak/ibu bisa sesuaikan dengan materi yang ditentukan masing-masing sekolah.
Baca juga
Soal USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Pembahasan
A. ekonomi mikro C. keuntungan bersama
B. ekonomi makro D. kekeluargaan
Semua kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya merupakan pengertian dari ....
A. Kegiatan produktif C. Kegiatan usaha
B. Kegiatan konsumtif D. Kegiatan ekonomi
Di bawah ini yang termasuk jenis usaha perekonomian masyarakat adalah ....
A. Jasa, dagang, dan produksi C. Jasa, hukum, dan politik
B. Pendidikan, politik, dan hukum D. Dagang, produksi, dan pendidikan
Di bawah ini yang termasuk kegiatan produksi adalah ....
A. Penjual Es Krim C. Konsumsi Makanan ringan
B. Pengerajin Batu Akik D. Pengguna Handphone
36. Ani akan mengikuti Olimpiade Matematika yang diselenggarakan di Jakarta. Ani berangkat dari BIL pukul 08.00 WITA. Jika lama perjalanan Ani menuju ke Jakarta 4 jam, maka Ani akan tiba di Jakarta pukul ....
A. 10.00 WIB B. 11.00 WIB C. 12.00 WIB D. 13.00 WIB
37. Provinsi terbaru di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 25 Oktober 2012 adalah ....
A. Provinsi Banten C. Provinsi Kalimantan Utara
B. Provinsi Maluku Utara D. Provinsi Papua Barat
38. Kenampakan alam berupa pegunungan tertinggi di dunia yang terletak di Perbatasan Nepal-Tibet adalah ....
A. Pegunungan Everest C. Pegunungan Godwin Austin
B. Pegunungan Ural D. Pegunungan Himalaya
39. Kenampakan alam yang terdapat di negara Mesir adalah ....
A. Mount Everest C. Sungai Amazon
B. Sungai Nil D. Gunung Berapi Kalimanjoro
Bencana banjir sering melanda banyak daerah di Indonesia. Curah hujan yang tinggi, penggundulan hutan, genangan sampah, dan banyaknya pemukiman warga di bantaran sungai, menjadi penyebab terjadinya bencana alam tersebut.
Soal US SD/MI Tahun 2018 Prediksi dan Latihan
Hal-hal yang dapat dilakukan apabila bencana alam di atas terjadi adalah ....
A. Menjauh dari area sekitar gunung C. Melakukan evakuasi penduduk ke suatu tempat
B. Menjauh dari bangunan tempat tinggal D. Secepat mungkin menjauh dari pantai
Di bawah ini yang termasuk faktor penunjang terjadinya globalisasi adalah ....
A. Kebutuhan masyarakat miskin C. Agar pemimpin bangsa bebas mengurus rakyatnya
B. Masyarakat ingin memenuhi hidupnya D. Perkembangan dan kemajuan teknologi
Berikut ini yang termasuk dampak positif globalisasi adalah ....
A. masuknya budaya negatif C. menurunnya jati diri bangsa
B. hilangnya identitas bangsa D. kemudahan memeroleh informasi
Kegiatan ekspor dan impor dilakukan oleh beberapa negara untuk ....
A. Memenuhi kebutuhan masyarakatnya C. Memenuhi kebutuhan para pejabat
B. Memenuhi kebutuhan negara miskin D. Memenuhi kebutuhan para pemimpin bangsa Sumber https://www.datasekolah.co.id/
Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 6 SD/MI Dengan Kunci Jawaban ini terdiri dari bentuk pilihan ganda, isian dan essay, namun sekali lagi soal-soal ini merupakan contoh saja, selanjutnya bapak/ibu bisa sesuaikan dengan materi yang ditentukan masing-masing sekolah.
Baca juga
Soal USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018 Dengan Pembahasan
Contoh Soal Ujian Sekolah IPS Kelas 6 SD
Koperasi merupakan badan usaha perhimpunan yang melakukan kegiatan berdasarkan asas ....A. ekonomi mikro C. keuntungan bersama
B. ekonomi makro D. kekeluargaan
Semua kegiatan yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhannya merupakan pengertian dari ....
A. Kegiatan produktif C. Kegiatan usaha
B. Kegiatan konsumtif D. Kegiatan ekonomi
Di bawah ini yang termasuk jenis usaha perekonomian masyarakat adalah ....
A. Jasa, dagang, dan produksi C. Jasa, hukum, dan politik
B. Pendidikan, politik, dan hukum D. Dagang, produksi, dan pendidikan
Di bawah ini yang termasuk kegiatan produksi adalah ....
A. Penjual Es Krim C. Konsumsi Makanan ringan
B. Pengerajin Batu Akik D. Pengguna Handphone
36. Ani akan mengikuti Olimpiade Matematika yang diselenggarakan di Jakarta. Ani berangkat dari BIL pukul 08.00 WITA. Jika lama perjalanan Ani menuju ke Jakarta 4 jam, maka Ani akan tiba di Jakarta pukul ....
A. 10.00 WIB B. 11.00 WIB C. 12.00 WIB D. 13.00 WIB
37. Provinsi terbaru di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 25 Oktober 2012 adalah ....
A. Provinsi Banten C. Provinsi Kalimantan Utara
B. Provinsi Maluku Utara D. Provinsi Papua Barat
38. Kenampakan alam berupa pegunungan tertinggi di dunia yang terletak di Perbatasan Nepal-Tibet adalah ....
A. Pegunungan Everest C. Pegunungan Godwin Austin
B. Pegunungan Ural D. Pegunungan Himalaya
39. Kenampakan alam yang terdapat di negara Mesir adalah ....
A. Mount Everest C. Sungai Amazon
B. Sungai Nil D. Gunung Berapi Kalimanjoro
Bencana banjir sering melanda banyak daerah di Indonesia. Curah hujan yang tinggi, penggundulan hutan, genangan sampah, dan banyaknya pemukiman warga di bantaran sungai, menjadi penyebab terjadinya bencana alam tersebut.
Soal US SD/MI Tahun 2018 Prediksi dan Latihan
Hal-hal yang dapat dilakukan apabila bencana alam di atas terjadi adalah ....
A. Menjauh dari area sekitar gunung C. Melakukan evakuasi penduduk ke suatu tempat
B. Menjauh dari bangunan tempat tinggal D. Secepat mungkin menjauh dari pantai
Di bawah ini yang termasuk faktor penunjang terjadinya globalisasi adalah ....
A. Kebutuhan masyarakat miskin C. Agar pemimpin bangsa bebas mengurus rakyatnya
B. Masyarakat ingin memenuhi hidupnya D. Perkembangan dan kemajuan teknologi
Berikut ini yang termasuk dampak positif globalisasi adalah ....
A. masuknya budaya negatif C. menurunnya jati diri bangsa
B. hilangnya identitas bangsa D. kemudahan memeroleh informasi
Kegiatan ekspor dan impor dilakukan oleh beberapa negara untuk ....
A. Memenuhi kebutuhan masyarakatnya C. Memenuhi kebutuhan para pejabat
B. Memenuhi kebutuhan negara miskin D. Memenuhi kebutuhan para pemimpin bangsa Sumber https://www.datasekolah.co.id/
Belajar Dimana Saja dan Kapan Saja dengan Rumah Belajar
Intipendidikan.com --- Dikutip dari laman kemdikbud,Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memungkinkan belajar tidak hanya pada jam belajar di sekolah, namun belajar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengembangkan salah satu laman belajar daring (online) yaitu Rumah Belajar yang memungkinkan siswa dan guru belajar tanpa batasan tempat dan waktu.
Rumah Belajar dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom). Rumah Belajar dapat diakses melalui tautan https://belajar.kemdikbud.go.id.
Di dalam laman belajar daring ini terdapat sejumlah fitur menarik seperti sumber belajar, buku sekolah elektronik (BSE), peta budaya, laboratorium maya, dan lain-lain. Fitur BSE menjadi alternatif untuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki.
Fitur laboratorium maya memungkinkan siswa dan guru melakukan percobaan ilmu pengetahuan alam (IPA) secara interaktif. Fitur ini dapat membantu sekolah yang tidak memiliki peralatan praktikum IPA melakukan eksperimen secara interaktif dan dengan tampilan yang menarik.
Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, mengajak guru dan balai TIK di daerah turut mengembangkan konten pembelajaran dan diunggah ke laman Rumah Belajar. "Saat ini Rumah Belajar memiliki lebih dari 20.000 konten pembelajaran. Namun itu harus terus ditambah, jadi kontribusi daerah sangat kita harapkan," kata Didik di Jakarta,
Didik Suhardi menekankan perlunya balai TIK di daerah mengembangkan konten pembelajaran dengan konteks lokal. Konten lokal ini akan menambah kekayaan dan keanekaragaman konten pembelajaran di Indonesia. "Pustekkom harus tampil menjadi koordinator untuk pengembangan konten-konten pembelajaran lokal," tambah Didik Suhardi.
Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto, mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan dan menambah fitur di Rumah Belajar. Selain itu pihaknya bekerja sama dengan daerah dan guru-guru untuk menambah jumlah dan ragam konten pembelajaran. "Rumah Belajar ini juga didukung pegawai-pegawai fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP), yang memang bertugas mengembangkan teknologi pembelajaran," kata Kepala Pustekkom.
Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat, jabat Earat Intipendidikan.com
Sumber https://www.intipendidikan.com/
Rumah Belajar dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom). Rumah Belajar dapat diakses melalui tautan https://belajar.kemdikbud.go.id.
Di dalam laman belajar daring ini terdapat sejumlah fitur menarik seperti sumber belajar, buku sekolah elektronik (BSE), peta budaya, laboratorium maya, dan lain-lain. Fitur BSE menjadi alternatif untuk para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari buku yang telah dimiliki.
Fitur laboratorium maya memungkinkan siswa dan guru melakukan percobaan ilmu pengetahuan alam (IPA) secara interaktif. Fitur ini dapat membantu sekolah yang tidak memiliki peralatan praktikum IPA melakukan eksperimen secara interaktif dan dengan tampilan yang menarik.
Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, mengajak guru dan balai TIK di daerah turut mengembangkan konten pembelajaran dan diunggah ke laman Rumah Belajar. "Saat ini Rumah Belajar memiliki lebih dari 20.000 konten pembelajaran. Namun itu harus terus ditambah, jadi kontribusi daerah sangat kita harapkan," kata Didik di Jakarta,
Didik Suhardi menekankan perlunya balai TIK di daerah mengembangkan konten pembelajaran dengan konteks lokal. Konten lokal ini akan menambah kekayaan dan keanekaragaman konten pembelajaran di Indonesia. "Pustekkom harus tampil menjadi koordinator untuk pengembangan konten-konten pembelajaran lokal," tambah Didik Suhardi.
Kepala Pustekkom, Gogot Suharwoto, mengatakan pihaknya akan terus mengembangkan dan menambah fitur di Rumah Belajar. Selain itu pihaknya bekerja sama dengan daerah dan guru-guru untuk menambah jumlah dan ragam konten pembelajaran. "Rumah Belajar ini juga didukung pegawai-pegawai fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP), yang memang bertugas mengembangkan teknologi pembelajaran," kata Kepala Pustekkom.
Demikian informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat, jabat Earat Intipendidikan.com
Perintah Alter Table di MySQL
Perintah ALTER digunakan untuk mengubah struktur table dalam sebuah database. Perubahan struktur yang dapat dilakukan adalah merubah nama kolom , nama table, merubah tipe data, menambah kunci, menghapus kolom yang ada.
a. Mengubah nama kolom
Sintak:ALTER TABLE <<nama_table>> CHANGE <<kolom_lama>> <<kolom_baru>> <<tipe(panjang)>>
b.Mengubah nama table
Sintak:ALTER TABLE <<nama_table_lama>>RENAME TO <<nama_table _baru>>
c. Menambah Kolom
Sintak:ALTER TABLE <<nama_table>> ADD <<kolom _baru>> <<tipe (panjang)>> [FIRST |AFTER <<kolom_lama>>]
First dan After adalah pilihan tambahan dengan defenisi sebagai berikut:
First : penambahan kolom baru diletakkan pada urutan kolom pertama
After : Penambahan kolom baru diletakkan setelah kolom yang ditunjuk.
e.Menghapus kolom tableSintak:ALTER TABLE <<nama_table>> ADD PRIMARY KEY (<<kolom>>)
f.Menghilangkan kolom kunciSintak:
ALTER TABLE <<nama_table>> DROP (<<nama_kolom>>)
Sintak:ALTER TABLE <<nama_table>> DROP PRIMARY KEY
Untuk lebih memudahkan kita dalam memahami sintak-sintak diatas, admin akan memberikan contoh latihan beserta penyelesaiannya, sebagai berikut:
1. Buat sebuah database dengan nama latihan1!
Penyelesaian:
Setelah muncul seperti diatas, Masuk ke Database terlebih dahulu, Scriptnya seperti di bawah ini:
2.Pada database latihan1 tersebut, buat 2 buah table, dengan struktur sebagai berikut:
Penyelesaian:
3.Lakukan perubahan terhadap table-tabel tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
a.Ganti nama tabel T_mahasiswa menjadi T_Student
b.Ganti nama kolom Kd_MatKul pada tabel T_MataKuliah menjadi Kd_MK
c.Tambahkan kolom jurusan pada tabel T_MataKuliah
d.Hapus kolom keterangan pada tabel T_mahasiswa
e.Jadikan field NIM pada tabel T_Mahasiswa sebagai Primary key
Demikianlah informasi mengenai Perintah Alter Table di MySQL, Selamat belajar semoga bermanfaat dan terimakasih...