Wednesday, December 20, 2017

Utamakan Bahasa Indonesia,Kuasai Bahasa Asing dan Lestarikan Bahasa Daerah

Intipendidikan.com  --- Dikutip dari laman  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa aktif melakukan sosialisasi penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik. Salah satu upaya yang berhasil dilakukan adalah pemberian nama “Simpang Susun Semanggi” yang sebelumnya akan diberi nama “Semanggi Interchange”. Contoh lain adalah diakomodasinya pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia pada papan informasi di Bandara Internasional Soekarno Hatta oleh PT Angkasa Pura II.

 melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa aktif melakukan sosialisasi penggunaan ba Utamakan Bahasa Indonesia,Kuasai Bahasa Asing dan  Lestarikan Bahasa Daerah


Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Dadang Sunendar mengatakan, Badan Bahasa terus berupaya menjalankan amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Ia mengatakan, pada UU No.24/2009 Pasal 36 ayat 3 tercantum bahwa bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau permukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merek dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia.

“Memang tantangan kami sangat tidak mudah. Di kota-kota besar, misalnya Jakarta, iklan-iklan yang menggunakan bahasa asing sangat merajalela,” ujarnya saat Taklimat Media Kilas Balik Kinerja Kemendikbud Tahun 2017 dan Rencana Kerja Tahun 2018, di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Dalam penamaan Simpang Susun Semanggi, Badan Bahasa Kemendikbud aktif berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Pada tahun 2016, Badan Bahasa bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta, dan para wali kota untuk mendiskusikan penggunaan bahasa Indonesia di ruang publik, salah satunya mengajukan nama “Simpang Susun Semanggi” untuk mengganti nama “Semanggi Interchange”.

“Jadi kami berupaya betul-betul agar namanya jangan berbahasa asing. Masak ikon bangsa berbahasa asing? Padahal kita ada lembaga kebahasaan yang salah satu tugasnya menjaga marwah itu,” kata Dadang.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Badan Bahasa juga aktif berkoordinasi dengan PT Angkasa Pura II untuk menggunakan bahasa Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, khususnya pada papan informasi atau papan petunjuk. Awalnya, tutur Dadang, hampir semua papan informasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan bahasa Inggris, dan sangat sedikit yang berbahasa Indonesia.

“Kami minta itu dibalik, dan sekarang sudah terjadi. Semua perintah atau penunjuk menggunakan bahasa Indonesia dengan karakter huruf yang lebih besar. Kemudian kalau ada bahasa Inggris, ditulis di bawahnya dengan karakter huruf lebih kecil,” ujar Dadang. Selain itu, Badan Bahasa juga mengajukan penggunaan nama “Kalayang” yang merupakan akronim dari “kereta api layang”, sebagai padanan kata dari “Sky Train” di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Menurut Dadang, saat ini sudah banyak negara yang menggunakan dua bahasa dalam papan petunjuk atau papan informasi di ruang publiknya. Ia berharap Indonesia pun bisa menerapkan hal yang sama sesuai amanat UU No.24/2009. Dadang menuturkan, intisari dari undang-undang tersebut sebenarnya adalah utamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. “Jadi kita diperintahkan juga untuk menguasai bahasa asing. Tapi persoalannya adalah jangan sampai tertukar.

Jabat Erat Intipendidikan.com.

Jangan sampai rasa nasionalisme kita berkurang. Jangan sampai ruang publik kita dipenuhi oleh berbagai tulisan bahasa asing sehingga kedaulatan bahasa itu tidak terjadi. Karena bahasa Indonesia harus menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. 

Sumber https://www.intipendidikan.com/

Konferensi dan Pelatihan Jurnalistik bagi Mahasiswa S1 & S2


British Council, berkolaborasi dengan beberapa lembaga media global, kembali menyelenggarakan Future News Worldwide, sebuah ajang pelatihan jurnalisme serta jaringan bagi para mahasiswa dari seluruh dunia yang tertarik menjadi jurnalis profesional di masa mendatang.

Rangkaian program ini diawali dengan konferensi dan pelatihan intensif di Skotlandia pada tanggal 5-6 Juli 2018. Setelah kembali ke negara asalnya, selama setahun berikutnya, para peserta masih akan dibimbing oleh para alumni program ini dalam mengimplementasikan apa yang telah mereka peroleh selama di Skotlandia.


Cakupan Pembiayaan:
  • Biaya penerbangan ke dan dari Skotlandia
  • Biaya visa
  • Konsumsi dan akomodasi
  • Biaya lain yang terkait dengan konferensi

Persyaratan Umum:
  • Mahasiswa aktif S1 dan S2 dari jurusan apa pun
  • Penulis, bloger, vlogger, fotografer, penyiar serta berbagai media lain
  • Usia 18 - 25 tahun per 1 Juli 2018
  • Lancar berbahasa Inggris
  • Memiliki dedikasi untuk menjadi seorang jurnalis profesional

Prosedur dan Batas Akhir Pendaftaran:
Pendaftaran dilakukan secara online. Sebelum mendaftar, para pelamar sebaiknya membaca dengan seksama 2 pertanyaan yang ada di Laman Pendaftaran ini karena jawaban harus disertakan dalam pengisian formulir pendaftaran dan akan mempengaruhi penilaian. Batas akhir pendaftaran tanggal 28 Februari 2018.
Keterangan lengkap mengenai program ini bisa dibaca di situs resmi British Council.


Simak juga Program Magang Jurnalis di VOA Washington DC.

Semoga informasi ini bermanfaat dan sebarkan ke teman-teman lainnya, siapa tahu mereka berminat.
Sumber http://www.info-beasiswa.id/

Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika

Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika - Dalam artikel sebelumnya saya telah menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2018 akan terdapat jenis soal Isian Singkat untuk Mapel Matematika.

Terkait hal itu, tentunya kita semua bertanya-tanya bagaimana ya cara menjawab soal Isian tersebut?

Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika  Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika


Hal ini sangat wajar sekali mengingat penggunaan Isian singkat dalam UN baru pertama kali dilakukan, sehingga buruh penjelasan lebih lanjut.

Menindaklanjuti rencana tersebut, melalui situs resmi Kemendikbud Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Bapak Totok Suprayitno telah memberikan gambaran teknis pelaksanaannya.

Silahkan anda simak baik-baik ya kawan.....

Jumlah Soal Isian Singkat UN Mapel Matematika


Jumlah butir soal dalam isian singkat UN Mapel matematik adalah sebesar 10 persen dari total seluruh soal yang diujikan, yaitu empat butir soal.

“Terdapat 4 soal. Dari jumlah 40 soal hanya ada empat soal isian singkat. Kan dalam UN itu ada 40 soal, jadi 10 persen untuk isian singkat matematika, kata Totok Suprayitno.

Tujuan Soal Isian Singkat UN Mapel Matematika


Pembuatan Soal Isian Singkat dalam UN Mapel Matematika bertujuan supaya para peserta didik terbiasa untuk mencari jawaban dari pertanyaan. Bukan hanya memilih jawaban yang ada. Ini juga untuk menghindari kebiasaan peserta didik yang menjawab secara spekulatif.

Bobot Soal Isian Singkat UN Mapel Matematika


Menurut penjelasan Totok, para peserta didik tidak perlu khawatir dalam menghadapi UN matematika yang menggunakan isian singkat. Sebab untuk tingkat kesulitannya sama dengan soal Pilihan Ganda. Bagi peserta didik yang sekolahnya melaksanakan UN Berbasis Komputer (UNBK) maka akan mengerjakan isian singkat dengan tetap memakai komputer, bukannya tertulis menggunakan kertas.

“Untuk Scoring tetap memakai komputer. Soal ada di dalam komputer, dan cara menjawabnya juga melalui komputer, diketik. Ilustrasinya, contohnya saja 1 ditambah 2, maka siswa hanya perlu mengeetik (angka) 3,” jelas Totok.

Saat ini Balitbang Kemendikbud sudah menyiapkan aplikasi khusus yang berguna untuk penilaian jawaban isian singkat para peserta didik.  Karena ini pertama kali digunakan, maka untuk mempersiapkan mesinnya juga tidak mudah. Harus dilatih dahulu mesinnya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Menjawab Isian Singkat UN Mapel Matematika yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://www.panduandapodik.id/

Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2

Buku Tematik Kelas 2 Revisi 2017 Semester 2 - Bagi sekolah/Madrasah yang menjadi pelaksana Kurikulum sesuai dengan Surat Keputusan ( SK) dari  Dirjen dengan Nomor 3932 Tahun 2016, SK Dirjen Nomor 481 Tahun 2015, dan SK Dirjen Nomor 5114 Tahun 2015, memang sudah melakukan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 untuk kelas dua.

Madrasah yang menjadi pelaksana Kurikulum sesuai dengan Surat Keputusan  Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2


Hal Ini pastinya berbeda dengan sekolah/madrasah lain yang baru melaksanakan Kurikulum2013 untuk peserta didik pada jenjang kelas 1 dan 4 saja.

Maka dari itu,  pasti para guru sangat membutuhkan sekali Buku Tematik untuk jenjang kelas 2 SD/MI pada semester genap, baik Buku untuk pegangan Guru maupun Buku Siswa.

Untuk kelas 2 SD/MI pada semester 2, mapel Tematik umum terdiri dari empat tema. Keempatnya ialah Tema 5 tentang Pengalamanku, Tema 6 tentang Merawat Hewan dan Tumbuhan, Tema 7 tentang Kebersamaan, dan Tema 8 tentang Keselamatn di Rumah dan Perjalanan.

Setiap tema tersebut terdiri dari dua buku, yaitu Buku untuk Guru dan Buku untuk Siswa.

Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2

Guna membantu para guru, peserta didik, dan juga para orang tua dalam memperoleh soft copy buku Kurikulum 2013, di sini kami memberikan link Google Drive untu mendownload Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2.

Semua buku tersebut bisa anda unduh secara gratis melalui link berikut ini:

Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2 untuk Guru


  • Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 5 tentang Pengalamanku, DOWNLOAD DISINI
  • Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 6 tentang Merawat Hewan dan Tumbuhan, DOWNLOAD  DISINI 
  • Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 7 tentang Kebersamaan, DOWNLOAD  DISINI
  • Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 8 tentang Keselamatn di Rumah dan Perjalanan, DOWNLOAD DISINI


Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2 untuk Siswa


  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 5 tentang Pengalamanku, DOWNLOAD DISINI
  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 6 tentang Merawat Hewan dan Tumbuhan, DOWNLOAD  DISINI
  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 7 tentang Kebersamaan, DOWNLOAD  DISINI
  • Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI, Tema 8 tentang Keselamatn di Rumah dan Perjalanan, DOWNLOAD  DISINI

Demikianlah informasi mengenai Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Revisi 2017 Semester 2 yang bisa kami sampaikan. Agar lebih bermanfaat silahkan anda share artikel biar siapapun yang membutuhkan bisa segera memperolehnya.
Sumber https://www.panduandapodik.id/

5 Macam-Macam Cabang Olahraga Senam

Banyak sekali jenis olahraga yang dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat dan juga bugar. Biasanya jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kebugaran adalah olahraga senam. Senam ini selain membutuhkan keserasian dalam gerakan juga membutuhkan kecepatan dan kekuatan setiap gerakan fisiknya. Biasanya senam ini tidak dilakukan secara individu, tetapi dilakukan secara bersama-sama atau beregu. Seiring berkembangnya zaman yang menjadi semakin modern, senam juga mengalami sebuah perkembangan yang cukup pesat yaitu semakin banyaknya cabang olahraga senam saat ini. Mulai dari senam aerobik, senam artistik, senam irama, senam trampolin, senam akrobatik, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang cabang olahraga senam, maka berikut ini akan dijelaskan secara rinci 5 macam-macam cabang olahraga senam secara umum.


1. Senam Aerobik


Senam aerobik adalah salah satu cabang olahraga senam yang pertama. Olahraga ini adalah salah satu olahraga senam yang memadukan gerakan yang aktif, kreatif, energik dan salah satu cabang olahraga yang menggunakan musik dengan irama cepat. Selain itu, olahraga aerobic ini memiliki gerakan dasar yaitu kaki melompat-berjalan dan bergerak aktif kesana kemari sesuai irama yang dimainkan yang memang disesuaikan dengan fungsi dari senam aerobik ini. Untuk melakukan senam aerobik ini maka tentu saja ada beberapa manfaaat yang akan Anda dapatkan. Beberapa diantaranya adalah senam aerobik dapat melatih kerja otot-otot yang ada dalam tubuh Anda agar menjadi lebih kuat. Selain itu, senam aerobik juga dapat melatih jantung, paru-paru dan peredaran darah Anda akan dapat bekerja dengan efisien dan efektif. Aerobik juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh Anda dengan adanya program kelenturan dan beberapa gerakan senam yang dilakukan.


Baca : Teknik Dasar Bulutangkis – Sejarah Bulutangkis – Macam Olahraga Permainan dan Penjelasannya – Olahraga Air Sejarah Teknik dan Peraturannya – Macam-macam Latihan Keseimbangan Tubuh – Macam-macam Latihan Kecepatan


Agar manfaat-manfaat aerobik tersebut dapat Anda maksimalkan dengan baik, maka ada baiknya jika Anda mengikuti beberapa tips yang akan disebutkan berikut ini.



  • Gunakanlah sepatu yang nyaman dan juga sepatu yang memang didesain khusus untuk olahraga aerobik.

  • Ikutilah gerakan yang diinstruksikan oleh instruktur senam dengan baik dan benar.

  • Jika Anda masih belum mampu untuk mengikuti dan melakukan berbagai macam gerakan yang telah diberikan, maka sebaiknya lakukan gerakan tangan dan kaki saja secara sederhana.

  • Jangan melakukan gerakan-gerakan yang tidak sesuai dan yang tidak dicontohkan oleh instruktur, jika Anda melakukan gerakan seperti ini maka hanya akan membuang sia-sia waktu dan energy Anda saja.

  •  Terakhir yang perlu Anda perhatikan adalah, sebaiknya lakukan senam aerobik dengan instruktur yang sama. Karena apa? Jika Anda mengikuti instruktur yang berbeda-beda makan gerakan yang diajarkan juga berbeda pula, hal ini malah membuat Anda semakin kebingungan dan manfaat yang dihasilkan dalam senam aerobik menjadi tidak efektif dan efisien serta tidak maksimal.


2. Senam Artistik


Senam artistik adalah salah satu cabang senam yang sangat popular di ajang olahraga bergengsi sekelas Olimpiade. Tujuan awal senam artistik sebenarnya hanya untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran bagi yang melakukannya saja. Awalnya senam ini hadir bukan untuk dipertandingkan seperti nomor senam yang lainnya. Gerakan dari senam artistik ini sebenarnya gerakan senam yang memadukan antara senam aerobik dan juga gerakan tumbling sehingga akan dihasilkan gerakan-gerakan yang sangat indah atau artistik dari gerakan yang menggunakan alat-alat.


Peralatan yang digunakan pada senam artistik ini ada beberapa macam. Alat tersebut antara lain adalah lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, kuda-kuda lompat, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat dan juga balok keseimbangan. Ukuran dari alat-alat tersebut semuanya juga sudah dipertimbangkan dan ditetapkan secara internasional. Senam artistik sendiri dapat dilakukan sendiri ataupun dilakukan satu tim yangt elah memiliki aturan dan penilainnya sendiri.


Baca : Macam-macam Gaya dalam Lari Jarak Jauh – Peraturan dalam Lari Jarak Menengah – Macam-macam Jarak dalam Olahraga Lari – Macam-Macam Nomor Lempar dalam Atletik beserta Penjelasannya – Macam-Macam Nomor Lari dalam Atletik beserta Penjelasannya – Macam-Macam Start dalam Perlombaan Lari


3. Senam Irama


Selain senam aerobik dan senam artistik, masih ada beberapa nomor senam lainnya, salah satunya adalah senam irama. Senam irama merupakan senam yang dilakukan dengan menggunakan gerakan bebas yang diiringi oleh alunan musik atau alunan irama. Olahraga senam ini dapat dilakukan dengann menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Alat yang digunakan pada senam irama ini biasanya berupa  holahop, tongkat, tali, bola, dan gada.


Jika Anda melakukan senam ini, maka akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dan dirasakan. Manfaat tersebut antara lain adalah sebagai berikut:



  • Menurunkan berat badan – ketika melakukan gerakan-gerakan pada senam tersebut tentunya keringat akan keluar sehingga lemak dalam tubuh akan dibakar dan lemak tersebut akan dijadikan sebagai tenaga oleh tubuh Anda. Maka dari itu, olahraga senam ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan.

  • Mengencangkan tubuh – selain menurunkan berat badan senam irama juga dapat menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah dengan bagian tubuh seperti lengan, paha dan betis yang nampak bergelambir dan kendor. Jika Anda melakukan senam irama ini secara rutin maka dapat dipastikan bagian paha, betis dan lengan yang menggelambir akan hilang dan kulit menjadi kencang. Kenapa hal ini bisa teerjadi ? Karena lemak yang ada dalam tubuh akan diubah menjadi tenaga sehingga bagian yang bergelambir pun akan hilang.









4. Senam Trampolin


Senam trampolin merupakan sebuah cabang olahraga senama dengan gerakannya yang dilakukan di atas trampolin. Trampolin disini adalah sejenis pemantul yang memiliki daya pantul yang besar. Dalam hal ini senam ini akan memerlihatkan kemahiran dari seoran atlet ketika melompat dengan lompatan yang tinggi . Lompatan ini dapat mencapai 10 meter. Salah satu cabang olahraga senam ini merupakan olahraga yang baru dipertandingkan pada ajang olahraga bergengsi seperti misalnya saja Olimpiade. Olahraga ini mulai dipertandingkan di Olimpiade pada tahun 2000. Jadi, senam ini masih menjadi hal baru pada pertandingan kejuaraan. Manfaat dari senam trampolin in adalah sebagai berikut:



  • Olahraga yang sangat efektif untuk membakar lemak. Hal ini telah diteliti dan dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti akhli dari NASA.

  • Jika Anda melakukan senam trampolin ini selama sepuluh menit saja, maka hal itu lebih efektif dan efisien dibandingkan jika Anda melakukan olahraga lari selama tiga puluh menit.

  • Melakukan gerakan melambung pada saat senam trampolin maka sama dengan Anda sudah memberikan low impact pada persendian sehingga hal itu akan membuat Anda terhindar dari resiko cedera pada sendi. Kemudian akan membuat otot, tulang dan juga sendi menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  • Senam trampolin jika dilakukan secara kontinyu dapat memperbaiki sistem peredaran darah sehingga akan berdampak pada peningkatan sistem kekebalan dan stamina dalam tubuh Anda, hal ini juga dapat menngeluarkan racun pada tubuh atau detoksifikai dan juga menurunkan inflamasi.


Baca : Ukuran Galah dan Lapangan Lompat Galah – Teknik Dasar dalam Olahraga Lompat Galah – Teknik Dasar dalam Lompat Galah – Teknik Renang Gaya Kupu-kupu yang Benar – Teknik Renang Gaya Bebas – Teknik Renang Gaya Dada yang Benar


5. Senam Akrobatik


Salah satu cabang nomor senam yang lainnya adalah senam akrobatik. Gerakan yang terdapat pada senam akrobatik ini sedikit ekstrim bagi pemula. Gerakan yang sedikit ekstrim seperti melakukan putaran, salto, dan gerakan lainnya yang memang membutuhkan kelenturan serta keseimbangan dari pesenam yang baik. Dalam melakukan senam ini, Anda harus melakukan latihan khusus yang harus dipandu dengan instruktur yang handal dan juga sudah professional dibidang senam akrobatik. Salah satu cabang olahraga seman ini akan memberikan manfaat yang begitu besar antara lain adalah:



  • Tentu saja jika Anda melakukan senam, terutama senam akrobatik akan membuat tubuh menjadi lebih lentur dari sebelumnya.

  • Sistem motorik Anda akan menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

  • Senam akrobatik juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh yang Anda miliki.

  • Senam akrobatik dapat melatih mental, senam ini membutuhkan nyali yang baik. Karena gerakannya cukup ekstrim.


Baca : Macam-macam Gaya dalam Lempar Lembing – Macam-macam Gaya Renang dan Sejarahnya – Macam-macam Gerakan Yoga untuk Kesehatan


Demikianlah artikel mengenai 5 macam-macam cabang olahraga senam secara umum yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat baik bagi para akademisi atau atlet yang ingin menekuni cabang olahraga senam. Selamat beraktivitas dan salam olahraga!



Sumber https://indoint.com/

Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Terbaru

Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Terbaru Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Terbaru
Buku Pedoman Penyelenggaran PPGJ

Buku Pedoman Persyaratan Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Terbaru


GuruSd.id. Menindaklanjuti Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 tentang perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2008 tentang Guru Pasal 66 ayat (1) yang menyatakan bahwa bagi Guru Dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualifikasi S-1/D-IV tetapi belum memperoleh Sertifikat Pendidik dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Baca juga: Kumpulan Soal Jawaban dan Kisi-kisi Untuk Calon PPG Dalam Jabatan
Selanjutnya terkait dengan Surat Dari Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 32110/B.B4/GT/2017 tentang Pendataan Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilaksanakan awal desember 2017 yang lalu, dan akan diumumkan pada minggu ke 4 bulan desember 2017, dimana penetapan Peserta PPG Dalam Jabatan tahun 2018 akan diseleksi sesuai dengan Prioritas.
[ads-post]
Adapun Guru yang ditetapkan Sebagai Peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan dengan syarat sebagai berikut:
  1. Memiliki kualifikasi akademik sarjana (s-1) atau diploma empat (D-IV);
  2. Guru dalam jabatan atau pegawai negeri sipil yang mendapatkan tugas mengajar yang sudah diangkat sampai dengan akhir tahun 2015;
  3. Memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
  4. Terdaftar pada Data Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  5. Berusia setinggi-tingginya 58 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun 2017;
  6. Berkualifikasi akademik Sarjana/Diploma Empat yang sesuai dengan bidang studi pada PPG yang akan diikuti;
  7. Bebas Napza;
  8. Sehat Jasmani dan rohani (jiwa);
  9. Berkelakuan baik.
Baca juga: Inilah Cara Melakukan Pendaftaran Calon Peserta PPG Dalam Jabatan Melalui Aplikasi Sim PKB

Dalam Pedoman yang akan dibagikan dibawah ini mencakup ;
  • Persyaratan Peserta PPGJ
  • Dokumen yang akan dilampirkan
  • Kuota dan Pembiayaan
  • Prioritas Penetapan Peserta
  • Prioritas Pembiayaan Pemerintah Pusat
  • Tata cara Pembiayaan dari Pemda
  • Alur Pendaftaran Peserta PPG
  • Jadwal Pelaksanaan PPG
Berikut disampaikan Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Tahun 2018 (Baca juga Petunjuk Pengambilan dibawah artikel ini)


Demikian mengenai Pedoman Penyelenggaran PPG Dalam Jabatan Terbaru, semoga bermanfaat. aamiin.

Yang harus diperhatikan dalam mengambil file dari laman ini :
  1. Dokumen yang akan diambil disimpan melalui laman google drive ( untuk mengambil fILE tersebut disarankan menggunakan laptop )
  2. Anda akan dialihkan ke laman safelink, silahkan scrol laman safelink tersebut sampai ke bawah hingga muncul tulisan "Please Wait..."
  3. Tunggu selama 5 Detik dan akan muncul tulisan berwarna Biru " V1sit L1nk ".
  4. Silahkan diambil dokumen melalui link tersebut.
  5. Apabila ada link yang error, pastikan koneksi internet anda stabil dan pastikan laman ini tampil keseluruhan dan loading berhenti.selanjutnya kembali ke-link yang sudah disediakan.
  6. Hubungi kami apabila gagal atau error link.
  7. Terimakasih telah berkunjung.

Sumber https://www.gurusd.id/

7 Kendala Emis Madrasah 2017/2018

7 Kendala Emis Madrasah 2017/2018


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
Doa terbaik selalu saya mohonkan untuk sahabat Guru Jugan, semoga diberi kemurahan rezeki yang barokah dan selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. 

Postingan kali ini akan membahas tentang Kendala yang dihadapi oleh Operator Madrasah selama mengerjakan tugasnya. 

Beban yang paling berat dirasakan operator Madrasah adalah beban mental, selain menuntut  fisik yang prima juga mengorbankan pekerjaan lain yang tak kalah penting ditambah lagi bayaran mereka tidak seberapa (itupun kalau dibayar). 

kenapa beban mental? karena operator Operator Madrasah (OPM) adalah satu-satunya orang yang menjadi ujung tombak Madrasah dalam menyelesaikan administrasi Madrasah, terutama pendataan siswa. Jika tidak selesai "OPERATOR YANG PALING DISALAHKAN". 

Nah, masalahnya sekarang adalah sistem pendataan siswa di bawah naungan Kementerian Agama adalah full online. dan pendataan tersebut bernama "EMIS" Emis tahun 2017/2018 sangat fenomenal dan menjadi viral di sosmed terutama di sosmed yang menyediakan sarana grup. 

kenapa fenomenal nan sensasional plus viral di sosmed??? bukan dikarenakan onlinenya tapi karena dikarenakan Server pusat tidak mampu menampung traffict pengunjung. jadi error pun terjadi. 

Adapun Kendala yang sering terjadi adalah: 

1. Susah Masuk (Login)
2. Keluar Sendiri (Logout)
3. Siswa Ganda (double)
4. Siswa Hilang (lost)
5. Gagal Login (Error Login) 
6. Gagal Menyimpan 
7. Menu gagal berfungsi 

Tidak perlu dibahas satu persatu deretan angka dari nomor 1 sampai nomor 7 para sahabat operator pasti mengerti penjelasan dari masing masing Error yg disebutkan diatas. 

Namun jika pada saatnya Emis Madrasah sudah normal dan tidak ada kendala lagi, itu semua karena usaha dari tim pengembang Website Emis Madrasah + keluhan OPM, Walau bagaimanapun mereka patut di apresiasi karena kerja keras mereka, jadi jangan hanya jadi pengkritik ulung saja. 

Mungkin itu saja tentang 7 Kendala Emis Madrasah Tahun 2017/2018. Tulisan ini dibuat atas pengalaman penulis tentang bagaimana sensasi mengerjakan Emis Madrasah Tahun ini. 


"TETAP SEMANGAT KAWAN"
Salam erat dari Guru Jugan Madura 

Sumber http://aktivasisukses.blogspot.com/

7 Kendala Emis Madrasah 2017/2018

7 Kendala Emis Madrasah 2017/2018


Assalamu'alaikum Wr. Wb. 
Doa terbaik selalu saya mohonkan untuk sahabat Guru Jugan, semoga diberi kemurahan rezeki yang barokah dan selalu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita semua. 

Postingan kali ini akan membahas tentang Kendala yang dihadapi oleh Operator Madrasah selama mengerjakan tugasnya. 

Beban yang paling berat dirasakan operator Madrasah adalah beban mental, selain menuntut  fisik yang prima juga mengorbankan pekerjaan lain yang tak kalah penting ditambah lagi bayaran mereka tidak seberapa (itupun kalau dibayar). 

kenapa beban mental? karena operator Operator Madrasah (OPM) adalah satu-satunya orang yang menjadi ujung tombak Madrasah dalam menyelesaikan administrasi Madrasah, terutama pendataan siswa. Jika tidak selesai "OPERATOR YANG PALING DISALAHKAN". 

Nah, masalahnya sekarang adalah sistem pendataan siswa di bawah naungan Kementerian Agama adalah full online. dan pendataan tersebut bernama "EMIS" Emis tahun 2017/2018 sangat fenomenal dan menjadi viral di sosmed terutama di sosmed yang menyediakan sarana grup. 

kenapa fenomenal nan sensasional plus viral di sosmed??? bukan dikarenakan onlinenya tapi karena dikarenakan Server pusat tidak mampu menampung traffict pengunjung. jadi error pun terjadi. 

Adapun Kendala yang sering terjadi adalah: 

1. Susah Masuk (Login)
2. Keluar Sendiri (Logout)
3. Siswa Ganda (double)
4. Siswa Hilang (lost)
5. Gagal Login (Error Login) 
6. Gagal Menyimpan 
7. Menu gagal berfungsi 

Tidak perlu dibahas satu persatu deretan angka dari nomor 1 sampai nomor 7 para sahabat operator pasti mengerti penjelasan dari masing masing Error yg disebutkan diatas. 

Namun jika pada saatnya Emis Madrasah sudah normal dan tidak ada kendala lagi, itu semua karena usaha dari tim pengembang Website Emis Madrasah + keluhan OPM, Walau bagaimanapun mereka patut di apresiasi karena kerja keras mereka, jadi jangan hanya jadi pengkritik ulung saja. 

Mungkin itu saja tentang 7 Kendala Emis Madrasah Tahun 2017/2018. Tulisan ini dibuat atas pengalaman penulis tentang bagaimana sensasi mengerjakan Emis Madrasah Tahun ini. 


"TETAP SEMANGAT KAWAN"
Salam erat dari Guru Jugan Madura 

Sumber https://www.gurujugan.com/

Download Buku K13 Kelas 5 Semester 2 SD/MI Revisi 2017

Download buku Tematik Umum K13 Kelas 5 Semester 2 untuk SD dan MI edisi revisi 2017, tentunya bagi madrasah dan sekolah yang tahun pelajaran ini telah menyelenggarakan Kurikulum 2013 untuk siswa kelas II dan V. Madrasah dan sekolah penyelenggara kurtilas pasti membutuhkan buku-buku ini sebagai buku pegangan dalam pembelajaran. Baik buku fisik maupun buku dalam format file PDF. Karenanya, mengunduh file buku kurtilas, termasuk Buku K13Bu Kelas 5 Semester 2 SD/MI Revisi 2017 merupakan sebuah kenicayaan.

Dengan memiliki buku dalam format file PDF, seorang guru madrasah akan lebih mudah dalam merancang pembelajaran maupun saat pelaksanaan pembelajaran. Dengan siftanya yang beberapa bagian dapat disalin dan disimpan, termasuk ditayangkan dalam slide sebagai media pembelajaran dan lain-lainnya.

Buku Tematik Umum Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD dan MI ini merupakan cetakan edisi revisi tahun 2017. Ini merupakan edisi kedua setelah dicetak pertama kali pada tahun 2014.

Pada semester dua ini, di kelas lima Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, mata pelajaran Tematik Umum terdiri atas empat tema. Keempatnya adalah Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), dan Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita). Seperti biasa, masing-masing tema terdiri atas dua buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa.

 dan sekolah yang tahun pelajaran ini telah menyelenggarakan Kurikulum  Download Buku K13 Kelas 5 Semester 2 SD/MI Revisi 2017


1. Download Buku Kurtilas Kelas V SD/MI Semester 2 Revisi 2017


Para guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar dapat mengunduh secara gratis Buku Tematik Umum Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 dalam file berformat PDF. Untuk mengunduhnya, silakan klik tautan-tautan yang telah disediakan oleh berikut ini:


  • Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
    • Buku Guru Tematik Kelas 5, Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), DOWNLOAD
    • Buku Guru Tematik Kelas 5, Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), DOWNLOAD
    • Buku Guru Tematik Kelas 5, Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), DOWNLOAD
    • Buku Guru Tematik Kelas 5, Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita), DOWNLOAD

  • Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas 5 Semester 2 SD/MI edisi Revisi 2017
    • Buku Siswa Tematik Kelas 5, Tema 6 (Panas dan Perpindahannya), DOWNLOAD
    • Buku Siswa Tematik Kelas 5, Tema 7 (Peristiwa dalam Kehidupan), DOWNLOAD
    • Buku Guru Tematik Kelas 5, Tema 8 (Lingkungan Sahabat Kita), DOWNLOAD
    • Buku Guru Tematik Kelas 5, Tema 9 (Benda-Benda di Sekitar Kita), DOWNLOAD


Catatan: Jika terdapat tautan yang rusak, file yang tidak dapat diunduh, atau salah buku, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

2. Download Buku Kurtilas Lainnya


Bagi yang membutuhkan buku Kurikulum 2013 SD dan MI untuk kelas lainnya, berikut ini tersedia daftar lengkap tautan unduhannya. Silakan klik masing-masing link untuk mengunduhnya.


Harapannya, buku K13 Kelas 5 Semester 2 SD/MI Revisi 2017 bisa bermanfaat bagi peningkatan mutu pembelajaran di madrasah.

Sumber https://ayomadrasah.blogspot.com/

Soal Ujian Bahasa Inggris Akhir Semester I Kelas (V) 5 SD

iTapuih.com - Soal Ujian Bahasa Inggris Akhir Semester I Kelas (V) 5 SD. Pada postingan kali ini saya akan berbagi tentang contoh soal Ujian Akhir Semester (UAS) Bahasa Inggris Kelas 5 SD. Sebagaimana kita ketahui bahwa, ulangan tengah semester I adalah salah satu bagian dari evaluasi yang merupakan suatu proses yang mencakup pengukuran yang mana siswa/i telah mengikuti beberapa konsep, pokok bahasan pelajaran di semster itu. Bagi guru, ujian ini berfungsi untuk memantau penguasaan siswa terhadap konsep atau pokok bahasan yang sudah dipelajari siswa. Soal-soal tersebut bisa di download beserta kunci jawabannya pada kolom paling bawah. Semoga beberapa soal berikut dapat menjadi referensi bagi kita untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa/i kelas 5 SD.


A. Choose the correct answer by crossing (x) a, b, or c!
1. Anna: Excuse me sir, I want to ... some books.
    Librarian: Yes, please.
A. Eat
B. Borrow
C. Drink
D. Throw

2. I wash my hand ... I eat.
A. Near
B. Next
C. Before
D. Beside

3. Tiny has headache. She should visit a ...
A. Doctor
B. Farmer
C. Lawyer
D. Teacher

4. Yesterday was Friday. Today is ...
A. Sunday
B. Monday
C. Wednesday
D. Saturday

5. This month is February. The next month is ...
A. July
B. June
C. March
D. April

6. Jack: Are you a pilot?
    Jane: No, ...
A. We are not
B. She is not
C. She is not
D. I am not

7. Jony is my friend. His hair is ...
A. Big
B. Small
C. Short
D. Thin

8. He works in a post office. He is a ...
A. Policeman
B. Postman
C. Librarian
D. Teacher

9. She ... a new computer.
A. Has
B. Have
C. Sweep
D. Clean

10. Andy is a Muslim. He is praying in a ...
A. Church
B. Temple
C. Mosque
D. Li Tang

11. He is my uncle. He is my father’s ...
A. Brother
B. Sister
C. Mother
D. Aunt

12. These are kind of transportation, Except ...
A. Plane
B. Raft
C. Bus
D. Flute

13. When the traffic light is red, we must ...
A. Move
B. Stop
C. Go
D. Enter

14. “Please give ... the dictionary”.
A. I
B. Me
C. He
D. She

15. John: What is that?
      James: That is ...
A. Lion
B. Crocodile
C. Shark
D. Dolphin

The following text is for questions 16 and 19.
Hello friends, my name is Rossy. My sister asks me to accompany her to go to the restaurant. We want to have lunch there. We go to the restaurant at 11.00 o’clock. We arrive in the restaurant at 11.30 a.m.
My sister orders a plate of Rendang Padang and a glass of iced tea and I order a bowl of Soto Lamongan and a glass of orange juice. We really enjoy our lunch. The food taste delicious and the drinks taste fresh.
16. Rossy and her sister go to the …
A. School
B. House
C. Restaurant
D. Hospital

17. What time they arrive in the restaurant?
A. 10.00 a.m.
B. 11.30 a.m.
C. 10.00 p.m.
D. 11.30 p.m.

18. Rossy's sister order ...
A. A bowl of Soto Lamongan and a glass of orange juice
B. A bowl of Soto Lamongan and a glass of iced tea
C. A plate Rendang Padang and a glass of orange juice
D. A plate Rendang Padang and a glass of iced tea

19. The food taste ... and the drinks taste fresh.
A. Bitter
B. Sour
C. Delicious
D. Bad

20. Nina: May I borrow the book, please?
      Wulan: I am sorry, I am ... it.
A. Coming
B. Listening
C. Speaking
D. Reading


B. Answer the questions below with the correct answer!
  1. What is the shape of the blackboard? ________________ 
  2. Cindy is 40 kg and Rida is 30 kg. Cindy is ________________ than Rida. 
  3. Rabbit likes to eat this vegetable. That is ________________
  4. The sun rises in the ________________ 
  5. We take a bath in the ________________ 
Continue

Soal Ujian Bahasa Inggris MID Semester I Kelas (V) 5 SD

Selamat belajar, semoga postingan tentang Soal Ujian Bahasa Inggris Akhir Semester I Kelas 5 SD bisa bermanfaat dan jangan lupa share ya.


Sumber https://www.itapuih.com/

Kumpulan Soal OSK dan Soal OSP Tahun 2017

. Dalam berbagi Soal Olimpiade, kesempatan ini akan berbagi soal osk dan osp tahun 2017 jenjang SMP dan SMA. Soal olimpiade yang dibagkan pada laman ini sebanarnya sudah kami bagikan sebelumnya dalam satu satu laman, namun pada kesempatan ini kami ingin mempermudah kamu sekalian sehingga kami rangkum kesemuaannya dalam satu laman.

Bagi Bapak Ibu guru yang menjadi pelatih persiapan OSN 2018 dan adek-adek calon peserta OSN 2018 semoga terbantu dengan kami memberi laman ini sehingga dengan mudah mendapatkan soal-soal OSN tahun 2017. Tentu saja silahkan bapak ibu dan adek-adek bagikan laman ini dimana saja terutama dimedia sosial yang kamu miliki supaya yang diluar sana yang sedang mencari arsip soal osn 2017 juga mendapatkan.
 kesempatan ini  akan berbagi  Kumpulan Soal OSK dan Soal OSP Tahun 2017
Semakin dekatnya dengan pelaksanaan OSN 2018, yang tingkat nasionalnya akan dilaksanakan di Sumatera Barat pada Mei 2018 nanti. Dalam Hasi Rapat Persiapan Olimpiade Ditjen Dikdasmen Tahun 2018 yang dilaksanakan pada hari senin 13 November 2017 Menghasilkan keputusan yang dituangkan dalam surat nomor 7782/DI/TU/2017 Hasil rapat persiapan lomba lomba Dijken Dikdasmen OSN 2018 dilaksanakan Pada tanggal 6-12 Mei 2018 Bertemtempat di Suamtera Barat. Untuk menjadi sang juara dalam olimpiade yang sangat bergengsi ini tentu pelu memiliki persiapan yang matang, tidak cukup persiapan matang dari segi penguasaan bidang yang dilombakan saja, namun kesiapan mental juga tak kalah perlunya. Tidak cukup dengan berusaha saya tapi harus di iringi dengan Do'a.

Salah satu cara untuk menguasai kepada materi bidang lomba adalah dengan membahas kembali soal soal OSN tahun sebelumnya tentu saja yang terbaru OSN 2017 yang Silabusnya tidak jauh berbeda nantinya dengan silabus OSN 2018. Dengan membahas kembali akan membuka pemikiran peserta pada materi atau konsep atau bahasan mana yang akan dikeluarkan di soal nantinya. Jadi sudah punya skal prioritas untuk OSK mana kemungkinan soalnya untuk OSP mana kemungkinan bahasan atau meteri pokok yang akan di keluarkan nantinya.

Kumpulan Soal OSK dan OSP Tahun 2017 Jenjang SMP
  1. Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut Soal OSK Bidang Lomba MATEMATIKA
  2. Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut Soal OSK Bidang Lomba ILMU PENGETAHUAN ALAM
  3. Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut Soal OSK Bidang Lomba ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

  1. Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut Soal OSP Bidang Lomba MATEMATIKA
  2. Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut Soal OSP Bidang Lomba ILMU PENGETAHUAN ALAM
  3. Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut Soal OSP Bidang Lomba ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Kumpulan Soal OSK dan OSP Tahun 2017 Jenjang SMA
  1. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba FISIKA
  2. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba ASTRONOMI
  3. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba KIMIA
  4. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba MATEMATIKA
  5. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba BIOLOGI
  6. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba KEBUMIAN
  7. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba KOMPUTER
  8. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba GEOGRAFI
  9. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Kabupaten Atau disebut dengan Soal OSK Bidang Lomba EKONOMI

  1. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba MATEMATIKA
  2. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba KIMIA
  3. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba BIOLOGI
  4. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba FISIKA
  5. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba ASTRONOMI
  6. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba KOMPUTER
  7. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba KEBUMIAN
  8. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba EKONOMI
  9. Soal Olimpiade Sain Nasional Tingkat Provinsi Atau disebut dengan Soal OSP Bidang Lomba GEOGRAFI

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri menuju OSN 2018, bisa kamu belajar sendiri dirumah, bisa dengan mendatangkan guru kerumah seolah seperti privat tapi dikhusukan pembahasan untuk persiapan OSN, atau kamu bisa juga mengikuti pelatihan pelatihan OSN yang diadakan oleh pihak lainnya atau lembaga bimbel lainnya. Selain dari itu kamu juga bisa dengan belajar besama teman mu sesama calon peserta OSN.


Silahkan bagikan laman ini dimedia sosial yang kamu miliki, supaya diluar sana yang juga sedang mencari informasi yang sama bisa mengetahui, "indahnya berbagi".

Sumber https://folderosn.blogspot.com/

Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS), para guru pastinya akan membauat penilaian untuk para peserta didik.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru . Bagi sekolah yang memakai kurikulum lama yaitu KTSP pasti sudah memiliki aplikasi sendiri. Namun untuk yang menggunakan Kurikulum 2013 tentunya membutuhkan aplkasi ini.

Setelah pelaksanaan Penilaian Akhir Semester  Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru


Sebab, format penilaian dalam KTSP dan Kurikulum 2013 berbeda. Rapor Kurikulum 2013 lebih rinci dan lebih banyak hal yang harus dicantumkan. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan bisa meringankan tugas para guru.

Aplikasi ini saya dapatkan dari Blog File Terbaru yang menurut saya memag cukup baik sekali karena sesuai dengan revisi tahun ini

Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru  ini adalah sebuah program aplikasi yang berbasis pada Ms. Excel yang di mana anda bisa mempermudah pekerjaan anda dalam pembuatan atau proses entri data nilai  peserta didik dalam penilaian kurikulum 2013.

Seperti sudah diketahui bersama bahwa dalam penilaian kurikulum 2013 saat ini banyak sekali memakai format isian yang nantinya akan digunakan dalam penentuan nilai raport peserta didik.

Fitur Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 

Dalam Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru  terdapat banyak fitur yang bisa anda gunakan, di antaranya ialah:
  • Data Siswa
  • Absensi
  • Prestasi
  • Biodata Diri
  • Ekstra Kurikuler
  • Rapor
  • KI-1 Tematik
  • KI-2 Tematik
  • Pengetahuan (KI-3)
  • KI-1 PAI-BP
  • KI-2 PAI BP
  • Ketrampilan (KI-4)
Menurut saya sendiri aplikasi ini sangat mudah sekali digunakan, sehingga siapa saja akan bisa menggunakannya dengan baik.

Untuk identitas lembaga juga bisa diubah sesuai dengan keinginan anda, jadi bisa anda sebarkan kepada teman-teman anda semuanya.

Untuk tampilan utama Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru bisa anda lihat pada foto di atas. Sedangkan untuk fitur-fiturnya, nanti silahkan anda cek sendiri ya.

Download Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru bisa anda dapatkan dengan cara DOWNLOAD DISNI

Demikianlah informasi mengenai Aplikasi Rapor SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Sumber https://www.panduandapodik.id/

Latihan (UN) Bahasa Indonesia SMP/MTs Beserta Kunci Jawaban

Latihan (UN) Bahasa Indonesia SMP/MTs Beserta Kunci Jawaban




Assalamu'alaikum sahabat Guru Jugan. setiap postingan pasti selalu saya doakan sampean yang baca tulisan ini semoga selalu sehat dan dapat rejeki yang halalan toyyiban.. aamiin

Ujian Nasional Tahun 2018 ini Sekolah Madrasah Negeri ataupun Madrasah Swasta rata-rata sudah menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). jadi lebih mudah dalam pelaksanaannya, namun dalam hal persiapan harus tetap dipersiapkan secara matang termasuk latihan soal-soal yang di UN kan. oleh karena itu sebagai pendidik wajib hukumnya memberikan yang terbaik untk anak didiknya.



Dalam tulisan kali ini saya akan berbagi tentang soal latihan Ujian Nasional (UN) Bahasa Indonesia sebagai referensi untuk menghadapi ujian yang sesungguhnya. media ini hanya untuk menambah pengalaman siswa agar bisa menambah wawasan dalam mengerjakan soal-soal bahasa indonesia yang akan dihadapi di ujian nasional sesungguhnya.



Pembahasan soal-soal ini akan saya berikan dengan kunci jawaban sehingga memudahkan guru untuk melihat kemampuan siswa menjawab soal dari awal hingga akhir terutama membahas penilaian terhadap hasil belajar siswa. silahkan download soal Bahasa Indonesia di link berikut.

👇

Demikian soal soal yang akan dapat langsung di unduh kemudian diberikan kepada siswa untuk dikerjakan untuk menambah pengalaman mereka untuk menjawab variasi soal Ujian Nasional Bahasa Indonesia Tahun 2017/2018

Untuk kunci jawaban sudah saya siapkan, silahkan unduh kunci jawaban untuk Prediksi soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional SMP/MTs Paket A dan Paket B.
EATORE klik disini

Semoga postingan ini bisa bermanfaat untuk para sahabat Guru Jugan dimanapun berada. salam jabat erat dari Madura.

Baca Juga :
Download Kisi-kisi USBN dan UN SMP/MTs 2017/2018
Cara Mengatasai Pesan Kesalah Upload File EZ di Bio UN
Cara Mengatasi Emis Madrasah Sering Keluar Sendiri


Sumber https://www.gurujugan.com/

Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kemdikbud

Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP Revisi 2017 Kemdikbud ini merupakan panduan terbaru yang akan saya bagikan secara gratis dalam kesempatan kali ini. Dalam implementasi Kurikulum 2013 sebagai Kurikulum Nasional, pemerintah melakukan banyak penyempurnaan terhadap berbagai sistem pembelajaran salahsatunya ialah diterbitkannya Buku Panduan Penilaian K13 Revisi 2017 untuk jenjang SMP/MTS. Buku Panduan yang disusun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini merupakan revisi dari buku panduan revisi sebelumnya pada tahun 2016.

Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.

 ini merupakan panduan terbaru yang akan saya bagikan secara gratis dalam kesempatan kali  Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kemdikbud

Panduan Penilaian K13 Revisi 2017 ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara menetapkan KKM mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pencapaian kompetensi peserta didik.



Panduan Penilaian Kurikulum 2013 SMP/MTS ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut :
  1. Merencanakan, mengembangkan instrumen, dan melaksanakan penilaian hasil belajar; 
  2. Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian; 
  3. Menerapkan program remedial bagi peserta didik yang belum mencapai KKM, dan program pengayaan bagi peserta didik yang telah mencapai KKM; dan
  4. Melaksanakan supervisi penilaian.

Semoga Panduan Penilaian SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kemdikbud ini dapat berguna bagi anda guru yang belum memiliki file ini. Kritik dan saran saya harapkan untuk bahan perbaikan blog ini pada masa yang akan datang. Dalam blog ini juga saya sediakan banyak Administrasi Sekolah Lengkap untuk SD/ Mi, SMP/ Mts, dan SMA/ SMK/ MA baik yang menyangkut Administrasi Pembelajaran, TU, Kepala Sekolah, Keuangan, dan lain sebagainnya. Cari file yang anda inginkan melalui kotak pencarian dibagain kanan atas blog ini atau melalui menu yang tersedia.

Sumber http://www.rppkurikulum2013sdsmpsma.com/

Tuesday, December 19, 2017

Cara Mengubah Adverb Clause menjadi Modifying Phrases

Adverbial clause merupakan klausa (anak kalimat) yang berfungsi sebagai adverb (kata keterangan) , untuk menerangkan kata kerja. Adverbial clauses biasanya diklasifikasikan berdasarkan arti atau maksud dari clause connectors yang menyertainya. Seperti halnya adjective clause menjadi modifying phrases, Adverb clause juga bisa diubah menjadi modifying phrases dengan dipersingkat atau direduksi. 

Contoh :
  • Adverb Clause : While I was walking to class, I ran into an old friend.
  • Modifying Phrase : While walking to class, I ran into an old friend.
  • Adverb Clause : Since Maria came to this country, she has made many friends.
  • Modifying phrase : Since coming to this country, Maria has made many friends.

Soal- soal dengan bentuk ini juga sering muncul pada uji materi grammar bahasa Inggris. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada contoh soal berikut ini,
When ... , you are free  to leave.
(A) the finished report
(B) finished with the report
(C) the report
(D) is the report finished

atau pada soal,

Until ... incorrect, astronomers had assumed that the insides of white dwarfs were uniform.
(A) they
(B) their proof
(C) the astronomers recently proven
(D) recently proven
Dalam bahasa Inggris, beberapa adverb clauses bisa diubah menjadi modifying phrases yaitu dengan mereduksi bentuknya. Salah satu syarat yang paling penting dalam mereduksi adverb clause menjadi sebuah modifying phrases adalah hanya ketika subjek pada adverb clause dan subjek pada klausa utama itu sama. 

Contoh :
  • Since  I came here, I have learned a lot of English.
menjadi
  • Since coming here, I have learned a lot of English.
Bila subjek pada adverbial clause dan subjek pada klausa utama itu berbeda, maka tidak akan ada perubahan dari bentuk adverbial clause menjadi modifying phrase. Perhatikan pada kata atau frase yang dicetak tebal pada contoh dibawah.

Contoh :
  • While I was watching TV last night, the telephone rang.
  • Before the students came to class, the teacher had already given a quiz.
Adapun cara untuk mereduksi adverb clause menjadi modifying clause adalah sebagai berikut :

1. Hilangkan subjek dari dependent clause  dan bentuk be dari kata kerja.
Contoh :
  • Adverb Clause: While I was living in Bali last year, I learned many things about Balinese customs.
  • Modifying Phrase: While living in Bali last year, I learned many things about Balinese customs.
2. Bila dalam kalimat tidak ada bentuk "be", maka hilangkan subjek dan tambahkan kata kerjanya dengan -ing.
Contoh :
  • Adverb Clause: You should always read a contract before you sign your name.
  • Modifying Phrase: You should always read a contract before signing your name.


Note :
Perlu diketahui bahwa tidak semua adverb clause bisa direduksi menjadi modifying phrases. Beberapa adverb clauses dengan clause connectors tertentu hanya bisa mengalami reduksi bila kata kerja yang digunakan dalam bentuk pasif.

Contoh :
  • Once you submit your thesis, you will graduate. (bentuk aktif - tidak mengalami perubahan)
  • Once purchased, the swimsuits cannot be returned. (bentuk pasif - mengalami perubahan)
Berikut tabel clause connectors yang bisa mengalami reduksi bentuk adverb clause menjadi modifying phrases.


Selamat belajar.

Referensi: 

  • Azar, Betty S, Understanding and Using English Grammar,Prentice-Hall, New Jersey,1989
  • Phillips, Deborah, Longman Complete Course for the TOEFL Test, Pearson Education, New York,2001
  

Sumber http://www.ahzaa.net/

Juknis Pembiayaan Peserta PPGJ Tahun 2018

 Pembiayaan pelaksanaan Program PPG oleh pemerintah pusat sebagaimana dimaksud pada ayat  Juknis Pembiayaan Peserta PPGJ Tahun 2018
Dalam permendikbud no 37 tahun 2017 Pembiayaan pelaksanaan Program PPG oleh pemerintah pusat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a tidak termasuk biaya pribadi. (3) Pemerintah pusat dapat memberikan biaya pribadi bagi Guru dalam Jabatan yang bertugas pada satuan pendidikan di daerah khusus yang ditetapkan oleh Menteri. Selain pembiayaan pelaksanaan Program PPG
sebagaimana dimaksud pemerintah daerah dan/atau satuan pendidikan yang
diselenggarakan oleh masyarakat dapat menganggarkan biaya pribadi.
(5) Biaya pribadi sebagaimana dimaksud pada ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) meliputi biaya transportasi, penginapan, konsumsi, dan keperluan pribadi lainnya.
Pelaksanaan Program PPG bagi Guru dalam Jabatan sesuai dengan kuota nasional sebagaimana dimaksud dibiayai oleh:
a. pemerintah pusat;
b. pemerintah daerah; dan/atau
c. satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh
masyarakat.

Baca juga Berkas yang disiapkan Peserta PPGJ

Pembiayaan Peserta PPGJ Tahun 2018

Pelaksanaan Program PPG bagi Guru Dalam Jabatan sesuai dengan kuota nasional dibiayai oleh: ◦ pemerintah pusat;
◦ pemerintah daerah; dan/atau
◦ satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

 Pembiayaan pelaksanaan Program PPG oleh pemerintah pusat sebesar Rp. 7.500.000,00 tidak termasuk biaya pribadi dan biaya ujian ulang.  Pemerintah pusat dapat memberikan biaya pribadi bagi Guru Dalam Jabatan yang bertugas pada satuan pendidikan di daerah khusus dan yang mengikuti program Keahlian Ganda yang ditetapkan oleh Menteri. Selain pembiayaan pelaksanaan Program PPG, pemerintah daerah dan/atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh masyarakat dapat menganggarkan biaya pribadi.  Biaya pribadi meliputi biaya transportasi, penginapan, konsumsi, dan keperluan pribadi lainnya.

Prioritas Pembiayaan Pusat Prioritas Pembiayaan Pusat (20.000 orang)
• Guru daerah 3T (2.000)
• Usia Guru >= 50 (5.200)
• Program Keahlian Ganda (1.100)
• Guru Kelas SD • Guru Kelas TK • Guru SLB • Guru Kejuruan diluar KG (1.000)
• Guru SILN
• Guru Mapel Lain secara proporsional sesuai jumlah guru yang belum sertifikasi

Prioritas Penetapan Peserta
• Program Studi yang dibuka
• Guru daerah 3T
• Usia Guru >= 50
• Usia < 50 dan memenuhi passing grade, diranking berdasarkan:
Skor Pretes, Usia Masa Kerja
• Khusus guru bukan PNS yang memenuhi beban kerja guru minimal 24 jam tatap muka dan bertugas di Kabupaten/Kota/Propinsi yang memiliki data kekurangan guru berdasarkan perhitungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Materi lengkap sosialisasi unduh Disini
Sumber https://www.datasekolah.co.id/