Sunday, October 8, 2017

Penyebab dan Cara Efektif untuk Mengatasi Ketiak Gelap

Cara efektif untuk Mengatasi Ketiak Gelap - Beberapa pengobatan di rumah untuk ketiak gelap antara lain penggunaan lemon, yogurt, pasta cendana, kunyit, minyak kelapa, tepung beras, dan cuka. Pengobatan rumah lainnya meliputi penggunaan scrub kulit, waxing, dan bedak, serta menghindari penggunaan deodoran berbasis alkohol dan antiperspirant.

Ketiak gelap sering ditemukan pada penderita diabetes tipe II karena insulin bereaksi dengan kulit menghasilkan lebih banyak melanin, sehingga membuat kulit menjadi lebih gelap. Ketiak hitam adalah masalah yang dihadapi banyak orang saat ini. Kebanyakan orang merasa malu dengan berbicara tentang ketiak mereka. Ketiak, seperti kita ketahui, juga merupakan salah satu tempat yang menonjol dari mana bau badan berasal. Ketiak gelap dapat didefinisikan sebagai pewarnaan gelap kulit di daerah ketiak dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

Cara efektif untuk Mengatasi Ketiak Gelap Penyebab dan Cara Efektif untuk Mengatasi Ketiak Gelap


Secara umum, ketiak hitam bukanlah penyakit atau kondisi medis. Ini hanya sebuah kegelapan kulit, mirip dengan sinar matahari yang didapat orang saat terpapar sinar ultraviolet untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun, dalam kasus tertentu, ketiak gelap dapat menunjukkan kondisi seperti penyakit Addison, perubahan hormon selama kehamilan, diabetes, kandungan insulin tinggi di tubuh, hiper-pigmentasi, dan alergi atau iritasi yang disebabkan oleh deodoran atau antiperspirant. Gesekan ketiak tebal juga bisa menyebabkan hiperkeratosis. Hyperkeratosis adalah nama ilmiah untuk kondisi dimana kulit di sekitar ketiak menjadi sulit untuk melawan iritasi, pembengkakan akibat penggosokan, atau karena aplikasi tekanan.

Penyebab Ketiak Gelap


Ketiak gelap juga bisa terjadi karena kondisi lain seperti:

Mencukur : Mencukur ketiak Anda dianggap salah satu alasan utama terjadinya ketiak gelap. Mencukur menyebabkan pengerasan kulit dan kegelapan seiring berjalannya waktu karena iritasi dan abrasi yang terjadi secara alami.

Krim Perontok Rambut : Krim perontok rambut cenderung menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dengan mulus, namun penghilang rambut ini mengandung bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kegelapan ketiak.

Keringat : Keringat berlebihan dan ventilasi ketiak yang buruk, juga merupakan salah satu alasan utama terjadinya ketiak hitam. Ketiak adalah daerah yang paling tidak berventilasi di bagian atas tubuh. Mengenakan pakaian ketat bisa mencegah kulit dari pernapasan, yang akhirnya membuat ketiak gelap.

Akumulasi Sel Mati : Sel mati terbentuk atau terakumulasi di sekujur tubuh kita dan tidak mengherankan jika mereka terbentuk di sekitar ketiak kita juga. Seiring sel-sel di dalam tubuh kita dan sel kulit kita mati, mereka menumpuk di lapisan luar kulit, memberi warna lebih gelap.

Penggunaan Deodoran dan Antiperspirant Alkohol  : Tidak semua antiperspirant dan deodoran tersedia di pasaran cocok untuk semua orang. Pada beberapa orang dapat mengakibatkan reaksi inflamasi pada area kulit yang terbuka yang menyebabkan perubahan warna akibat reaksi alami terhadap alkohol dan bahan kimia dalam deodoran.

Acanthosis Nigricans : Orang yang menderita obesitas atau diabetes mungkin mengalami kondisi yang disebut acanthosis nigricans. Kondisi ini bisa terjadi bila ada kelebihan insulin yang mengalir dalam aliran darah. Kelebihan insulin dapat menyebabkan sel kulit menjadi terlalu tinggi yang menyebabkan pertumbuhan kulit tidak normal, dan selanjutnya menjadi gelap.

Perokok : Melanosis perokok adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh merokok tembakau. Dalam kondisi ini, hiper-pigmentasi disebabkan oleh merokok. Ketiak gelap muncul selama merokok berlanjut. Saat Anda berhenti merokok, bercak-bercak gelap ini akan hilang.

Melasma : Melasma sering diamati pada wanita hamil. Saat menderita kondisi ini, perubahan warna kulit terjadi pada daerah yang terpapar sinar matahari, termasuk ketiak. Melasma juga ditemukan pada wanita yang menggunakan kontrasepsi oral dan mereka yang menjalani terapi penggantian hormon.

Penyakit Addison : Penyakit Addison adalah kondisi medis dimana kelenjar adrenalin tidak menghasilkan jumlah hormon yang dibutuhkan seperti glukokortikoid dan mineralokortikoid. Penyakit Addison menyebabkan hiper-pigmentasi yang berakibat pada penggelapan kulit yang belum terpapar sinar matahari.

Cara Mengatasi Ketiak Gelap


Pengobatan rumah untuk ketiak gelap meliputi:

Lemon : Lemon digunakan sebagai obat untuk sejumlah kondisi medis terkait kulit, termasuk ketiak gelap. Menggosok lemon pada ketiak setelah mandi bisa memberi hasil bagus untuk kondisi ini.

Yogurt : Yogurt adalah obat yang baik untuk ketiak yang gelap. Vitamin dan asam lemak yang ditemukan dalam yogurt sangat baik untuk kulit, karena meminimalkan pola gelap dan kerusakan kulit. Oleskan 2 sendok makan yoghurt di ketiak masing-masing dan tunggu 15 sampai 20 menit sebelum membersihkannya.

Scrub Kulit : Serum kulit alami bisa dibuat di rumah yang bisa diaplikasikan pada ketiak. Ini adalah obat yang baik dan aman untuk mengangkat kulit mati yang terakumulasi di daerah ketiak menyebabkan kulit menjadi gelap. Baking soda dan tepung kacang polong dicampur dengan sejumlah kecil air bisa digunakan sebagai scrub. Tepung buncis dicampur dengan yogurt atau susu juga merupakan scrub yang bagus.

Pasta Cendana : Pasta cendana adalah obat lain yang baik untuk ketiak gelap. Aplikasi pasta cendana pada ketiak yang gelap bisa mengurangi sensasi terbakar yang terkait dengan area tersebut dan secara bertahap mengurangi kegelapan. Aroma cendana juga menghilangkan bau tak sedap.

Kunyit & Lemon : Tambahkan 5 ml jus lemon dan sejumlah kecil kunyit. Campuran ini bisa diaplikasikan pada ketiak dan harus didiamkan selama sekitar 15 sampai 20 menit sebelum dicuci. Ini menawarkan obat yang baik untuk ketiak yang gelap.

Tepung Beras & Cuka : Campur beberapa sendok makan tepung beras dengan cuka yang kuat. Oleskan pasta ini pada ketiak berwarna gelap setelah mandi air panas. Biarkan pasta tetap menyala selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Cuka asam akan menghancurkan bakteri yang memakan sel kulit mati dan akan menghilangkan area yang gelap dari waktu ke waktu.

Madu dan Lemon : Buatlah campuran jus lemon dan madu dalam jumlah kecil, tak lebih dari satu sendok makan masing-masing. Oleskan campuran ini pada ketiak dan biarkan selama sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Prosedur ini bisa dilakukan sebelum mandi.

Mentimun dan Kunyit : Ekstrak jus dari timun dan campurkan dengan kunyit. Oleskan campuran ini ke area yang terkena. Perawatan ini juga secara efektif mengobati ketiak gelap.

Kentang : Kentang dianggap sebagai agen pemutih alami dan karenanya dapat menawarkan bantuan melawan ketiak yang gelap. Oleskan jus kentang pada ketiak untuk hasil bertahap dan progresif. Biarkan jus selama kurang lebih 20 menit sampai lebih dari setengah jam agar efeknya terjadi. Proses ini bisa diulang setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

Minyak kelapa : Minyak kelapa merupakan obat rumah yang baik untuk ketuban yang gelap. Penerapan minyak kelapa akan mengurangi penggelembungan area ketiak dari waktu ke waktu.

Waxing : Waxing bisa baik untuk ketiak yang gelap karena waxing menghilangkan rambut dari akarnya daripada mencukur rambut. Pengambilan rambut dari akar lebih disukai, karena memungkinkan rambut baru dan lebih tipis tumbuh, sehingga membantu menjaga kulit berwarna terang.

Ini adalah beberapa solusi rumah sederhana untuk ketiak gelap yang dapat membantu secara efektif menghilangkan warna gelap tanpa efek samping.


Ada hal-hal tertentu yang harus dihindari jika terjadi ketiak hitam. Beberapa hal ini meliputi:

Diabetes : Jika Anda menderita diabetes tipe II, mungkin akan mengalami Acanthosis nigricans. Dengan kondisi ini, kelebihan insulin bisa memicu sel kulit untuk menghasilkan melanin, yang bisa membuat kulit menjadi gelap pada ketiak, serta leher.

Alkohol Berbasis Deodoran : Alkohol berbasis deodoran dan antiperspirant dapat mempengaruhi kulit dengan menyebabkan iritasi. Hindari deodoran berbasis alkohol ini dan memilih deodoran bebas alkohol untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Hindari Mencukur Ketiak : Mencukur ketiak juga telah dikaitkan dengan ketiak yang gelap. Mencukur menyebabkan iritasi kulit, yang menyebabkan ketiak  semakin gelap. Alih-alih mencukur, seseorang bisa memilih waxing, yang jauh lebih efektif.

Adapun hal-hal tertentu yang disarankan antara lain :

Pakai Pakaian Katun : Baju katun sangat bagus dalam menyerap keringat. Cobalah untuk memakai pakaian katun sebagian besar waktu untuk menghindari akumulasi keringat, pertumbuhan bakteri, dan ketiak gelap berikutnya yang diakibatkan oleh kedua hal tersebut.

Pakaian yang longgar : Jika pakaian katun bukanlah pilihan, cobalah kenakan jenis pakaian yang pas di lengan. Mengenakan pakaian longgar akan memberikan sirkulasi udara yang baik di sekitar ketiak dan membantu menghindari iritasi kulit.


Sumber https://www.artikelmateri.com/

No comments:

Post a Comment